Unsur-Unsur Semantik Dalam Buku Pembelajaran Bahasa Arab MI Kelas IV Kementerian Agama

Firdiyan, Moh. Rizal (2023) Unsur-Unsur Semantik Dalam Buku Pembelajaran Bahasa Arab MI Kelas IV Kementerian Agama. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2219092_Bab I dan Bab V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2219092_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis unsur-unsur semantik yang terdapat dalam buku pembelajaran bahasa Arab MI kelas IV Kementerian Agama, namun tidak mencakup semua kajian unsur semantik, melainkan mengkaji relasi makna dan makna kontekstual. Adapun rumusan masalahnya, yaitu bagaimana relasi makna yang ada dalam buku pembelajaran bahasa Arab MI kelas IV Kementerian Agama? dan bagaimana makna kontekstual pada mufradāt dalam buku pembelajaran bahasa Arab MI kelas IV Kementerian Agama?. Buku tersebut dijadikan objek penelitian karena kelas IV merupakan awal pembelajaran bahasa Arab di sekolah formal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penyimakan, dengan teknik dasar sadap (dapat disetarakan dengan teknik wawancara), dan teknik lanjutannya yaitu teknik catat yang didapat dari buku pembelajaran bahasa Arab MI kelas IV Kementerian Agama. Data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan metode agih dengan teknik dasar bagi unsur langsung dan teknik lanjutannya menggunakan teknik perluas. Pada analisis data terdapat tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam menganalisis pada penelitian ini adalah Muhammad Kholison (2016), Moh. Ainin dan Imam Asrori (2014), dan Abdul Chaer (2013). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat 38 data yang peneliti temukan, 29 data relasi makna dan 9 data makna kontekstual. Pada data relasi makna terdapat 19 data mufradāt yang bersinonim, 4 data mufradāt yang berantonim, 2 data mufradāt yang berkontranim, serta 4 data mufradāt homonim dan polisemi. Adapun pada data makna kontekstual terdapat 2 data makna konteks emotif, 3 data makna konteks situasi, dan 4 data makna konteks budaya. Penggunaan relasi makna yang relatif banyak dapat memperluas pengetahuan siswa mengenai mufradāt yang saling berkaitan. Lain halnya dengan makna kontekstual yang sedikit digunakan dalam buku pembelajaran bahasa Arab MI kelas IV Kementerian Agama, jika makna kontekstual terlalu banyak digunakan dapat menghambat siswa dalam memahami mufradāt yang baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuasomah, MuasomahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Unsur-Unsur Semantik, Relasi Makna, Makna Kontekstual, Buku Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 18 Dec 2023 04:03
Last Modified: 18 Dec 2023 04:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6222

Actions (login required)

View Item View Item