Nilai pendidikan akhlak dalam kitab at tahliyah wa at-targhīb fī at-tarbiyah wa at-tahżīb untuk membentuk akhlak santri kepada guru di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien

Purwanto, Purwanto (2023) Nilai pendidikan akhlak dalam kitab at tahliyah wa at-targhīb fī at-tarbiyah wa at-tahżīb untuk membentuk akhlak santri kepada guru di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien. Masters thesis, Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
5221027-Bab1&5.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Thesis)
5221027-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar belakang penulisan tesis ini nilai penidikan akhlak, yaaiu suatu sifat berharga dari sebuah proses menjadikan pribadi seseorang berperilaku santun dalam kehidupannya yang dapat membentuk karakter seseorang. Mengingat pentingnya nilai-nilai pendidikan akhlak bagi manusia, maka sudah semestinya pendidikan akhlak menjadi suatu yang diutamakan, karena akhlak yang baik akan melahirkan manusia yang mulia dan bertanggung jawab sebagaimana ajaran Nabi Muhammad Saw. Untuk itu, banyak literasi buku bacaan, jurnal, kitab yang khusus membahas mengenai akhlak dan salah satu kitab yang masyhur dikalangan pondok pesantren ialah kitab At Tahliyah Wa At-Targhīb Fī At-Tarbiyah Wa At- Tahżīb karya Sayyid Muhammad. Selanjutnya kitab tersebut yang memiliki porsi sebagai referensi bagi seorang pendidik dan perserta didik tidak lepas dari pemikiran beberapa tokoh yang juga ikut andil dalam terlaksananya keefektifan dalam proses pembelajaran, sebab ia merupakan satu kesatuan sistem untuk mengembangkan dan melestarikan ajarannya. Dari deskripsi diatas melahirkan suatu inspirasi bagi peneliti untuk mengkontekstualkan dengan dunia realitas, sebagai konfigurasi dari bentuk konstektualisasi ideal. Maka dengan hal ini peneliti menentukan pilihan yakni pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-ien sebagai representasi dalam ruang kajian penelitian ini. Di mana kitab tersebut merupakan salah satu kitab yang diajarkan di pondok pesantren hidayatul Mubtadi-ien yang berada di Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana nilai pendidikan akhlak dalam kitab At Tahliyah Wa At-Targhīb Fī At-Tarbiyah Wa At-Tahżīb? Bagaimana implementasi nilai pendidikan akhlak kitab tersebut di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan? Bagaimana praktik interaksi akhlak santri kepada guru di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan? Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menganalisis nilai pendidikan akhlak dalam kitab At Tahliyah Wa At-Targhīb Fī At-Tarbiyah Wa At-Tahżīb. Untuk menganalisis implementasi nilai pendidikan akhlak kitab tersebut di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. Untuk menganalisis praktik interaksi akhlak santri kepada guru di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRohayana, Ade DediUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai, Pendidikan Akhlak, Santri, Guru
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 18 Dec 2023 06:28
Last Modified: 18 Dec 2023 06:28
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6236

Actions (login required)

View Item View Item