Penanaman nilai religius santri melalui pembelajaran buku ke-NU-an karya Lajnah Bahtsul Masa’il Lirboyo di pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-Ien Pekalongan

Mukaromah, Miftahul (2023) Penanaman nilai religius santri melalui pembelajaran buku ke-NU-an karya Lajnah Bahtsul Masa’il Lirboyo di pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-Ien Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120146_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2120146_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Pergeseran sikap serta terkikisnya moral terutama di kalangan pelajar sering dijumpai baik dalam teknologi elektronik, media massa maupun kehidupan keseharian masyarakat. Untuk itu perlu adanya penanganan dalam menghadapi masalah tersebut, salah satu penanganan yang dapat dilakukan yaitu dengan menanamkan nilai religius melalui pembelajaran buku Ke-NU-an untuk membentuk suatu karakter religius yang dapat diterapkan dalam kehidupan. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu :1. Apa saja nilai-nilai religius dalam pembelajaran buku ke-NU-an di pondok pesantren Hidayatul mubtadi-ien Pekalongan? 2. Bagaimana penanaman nilai religius santri melalui pembelajaran buku ke-NU-an di pondok pesantren Hidayatul mubtadi-ien Pekalongan? 3. Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan penanaman nilai religius santri melalui pembelajaran buku ke-NU-an di pondok pesantren Hidayatul mubtadi-ien Pekalongan? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai religius dalam pembelajaran buku ke-NU-an, mendeskripsikan penanaman nilai religius santri melalui pembelajaran buku ke-NU-an dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai religius santri melalui pembelajaran buku ke-NU-an di pondok pesantren Hidayatul mubtadi-ien Pekalongan. Jenis penelitian menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian inj yakni ustadz, pengasuh pondok pesantren dan santri. sumber data sekunder berasal dari berbagai literatur seperti buku, jurnal, dokumen lain. Teknik pengumpulan data yakni dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai religius yang ditanamkan di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien melalui pembelajaran buku ke-NU-an yaitu nilai Aqidah, nilai ibadah, serta nilai akhlak. Tahapan dalam menanamkan nilai religius santri melalui pembelajaran buku ke-NU-an dilakukan melalui proses awal dengan pemberian materi oleh guru pengampu menggunakan beberapa metode diantaranya melalui keteladanan, pembiasaan, dakwah atau nasihat, serta musyawarah atau diskusi. Selanjutnya nilai religius yang sudah ditanamkan dalam kegiatan pembelajaran buku ke-NU-an dibuktikan dengan bentuk praktik amaliah santri dalam lingkungan pondok pesantren. Adapun faktor pendukung yang mempengaruhi penanaman nilai religius santri melalui pembelajaran buku ke-NU- an meliputi lingkungan, guru, dan buku panduan. Sedangkan faktor penghambat penanaman nilai religius santri melalui pembelajaran buku ke-NU-an yaitu jadwal ustadz dan alokasi waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, Moh. NurulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penanaman nilai, religius, pembelajaran buku ke-NU-an
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Dec 2023 07:46
Last Modified: 12 Feb 2024 03:24
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6237

Actions (login required)

View Item View Item