Penerapan model pembelajaran saintifik untuk memecahkan masalah di RAIT Ulul Albab kota Pekalongan

Purwaningsih, Tri (2019) Penerapan model pembelajaran saintifik untuk memecahkan masalah di RAIT Ulul Albab kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun. Pembelajaran kurikulum 2013 menggunakan Saintifik, dimana mencangkup beberapa komponen, antara lain mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengaosisi atau menalar, dan menyimpulkan. Rumusan masalah penulis ajukan dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan model Pembelajaran Saintifik untuk memecahkan Masalah di RAIT Ulul Albab Kota Pekalongan dan Apa Saja Faktor Pendukung dan Penghambat Penerapan Model Pembelajaran Saintifik untuk Memecahkan Masalah di RAIT Ulul Albab Kota Pekalongan . bertujuan Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran saintifik untuk Memecahkan Masalah di RAIT Ulul Albab Kota Pekalongan dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung penerapan model pembelajaran saintifik untuk Memecahkan Masalah di RAIT Ulul Albab Kota Pekalongan Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (fird research). Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknis analisis data yang digunakan yaitu Reduksi data, Proses penyajian data, dan Proses menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran saintifik di RAIT Ulul Albab Kota Pekalongan meliputi tiga kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan kegiatan inti disini merupakan kegiatan yang berisi 5M yang meliputi, mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan menyimpulkan dan yang terakhir kegiatan penutup. Faktor pendukung dalam penerapan model pembelajaran saintifik untuk memecahkan masalah di RAIT Ulul Albab Kota Pekalongan yaitu adanya Sarana prasarana, serta media pembelajaran. dengan adanya model pembelajaran saintifik ini manjadikan anak dapat bereksplor, aktif dalam pembelajaran dan dapat mengemukakan ide-idenya sendiri mengenai materi yang di ajarkan serta dapat bersosialisasi dengan lingkungannya. Faktor penghambat dalam penerapan model pembelajaran saintifik untuk memecahkan masalah di RAIT Ulul Albab Kota Pekalongan yaitu kurang matangnya persiapan APE serta keterbatasan siswa dalam berfikir saintifik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFadhilah, NingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Saintifik, Memecahkan Masalah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 04 Jun 2020 03:18
Last Modified: 04 Jun 2020 03:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/624

Actions (login required)

View Item View Item