Pembinaan Kedisiplinan Santri Dengan Pendekatan Takzir Di Pondok Pesantren Nurul Huda Banat Buaran Pekalongan

Fa’izah, Fa’izah (2022) Pembinaan Kedisiplinan Santri Dengan Pendekatan Takzir Di Pondok Pesantren Nurul Huda Banat Buaran Pekalongan. Masters thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
5220045-Bab1&5.pdf

Download (5MB)
[img] Text
5220045-Fulltext.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Fa’izah. NIM. 5220045. 2022. “Pembinaan Kedisiplinan Santri Dengan Pendekatan Takzir Di Pondok Pesantren Nurul Huda Banat Buaran Pekalongan.” Tesis Magister Pendidikan Agama Islam. Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing (1) Dr. Slamet Untung, M.Ag. (2) Dr. Hj. Susminingsih, M.Ag. Kata Kunci : Kedisiplinan, Santri, Takzir Pondok Pesantren memfungsikan takzir untuk membina kedisiplinan santri. Pembinaan ini dilakukan karena krisis moralitas serta krisis intelektual yang terjadi di Indonesia terutama yang menimpa anak muda sudah dalam taraf yang memprihatinkan, oleh sebab itu pentingnya pembinaan dilakukan agar dapat menangani krisis moral yang terjadi. Rumusan Masalah yang diajukan dalam penelitian ini yaitu : (1) Mengapa Pondok Pesantren Nurul Huda Banat Buaran Pekalongan membina kedisiplinan santri dengan pendekatan takzir? (2) Bagaimana pelaksanaan pembinaan kedisiplinan santri dengan pendekatan takzir di Pondok Pesantren Nurul Huda Banat Buaran Pekalongan? (3) Apa saja hambatan dan solusi pembinaan kedisiplinan santri dengan pendekatan takzir di Pondok Pesantren Nurul Huda Banat Buaran Pekalongan? Tujuan dan kegunaan penelitian ini adalah untuk menganalisis alasan Pondok Pesantren Nurul Huda Banat Buaran Pekalongan dalam membina kedisiplinan santri dengan pendekatan takzir, menganalisis pelaksanaan pembinaan kedisiplinan santri dengan pendekatan takzir, dan nganalisis hambatan dan solusi pembinaan kedisiplinan santri dengan pendekatan takzir di Pondok Pesantren Nurul Huda Banat Buaran Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, jenis penelitian studi kasus, pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Triangulasi yang digunakan yaitu sumber, teknik, dan analisis data. Metode analisisnya menggunakan analisis kualitatif model Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa alasan Pondok Pesantren Nurul Huda Banat Buaran Pekalongan dalam membina kedisiplinan santri dengan pendekatan takzir diantaranya agar memberikan arahan, takzir sebagai pengendali, membentuk sikap, pola pikir dan mental yang baik, menumbuhkan keterampilan santri, memberikan efek jera, agar lingkungan tertib dan bersih. Pelaksanaan pembinaan kedisiplinan santri dengan pendekatan takzir dengan teknik: keteladanan, huku man, dan kerjasama. Adanya hambatan pembinaan kedisiplinan santri yaitu: Karakter santri yang berbeda, santri mengabaikan tata tertib, dan Pengurus perdepartemen yang kurang bertanggung jawab. Adapun solusi pembinaan kedisiplinan santri yaitu: Adanya tata tertib, takzir yang tegas, mendidik, dan membuat santri jera, teladan yang baik, Pengasuh pondok, ustaz, ustazah dan para santri berkeliling kamar dan menggunakan pengeras uara, berusaha memahami karakter para santri, pengasuh pondok memberikan motivasi dan nasehat

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Santri, Takzir
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 18 Dec 2023 07:39
Last Modified: 18 Dec 2023 07:39
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6245

Actions (login required)

View Item View Item