Manajemen layanan perpustakaan dalam menunjang mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Baros Pekalongan

Saputri, Eka Febriana (2023) Manajemen layanan perpustakaan dalam menunjang mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Baros Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2318187 EKA FEBRIANA SAPUTRI BAB I-V.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Thesis)
2318187 EKA FEBRIANA SAPUTRI FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perpustakan merupakan suatu unit kerja dilembaga pendidikan (sekolah) yang berfungsi sebagai pusat informasi dan penyedia segala referensi atau sumber belajar yang dibutuhkan oleh guru dan siswa. Perpustakaan memiliki fungsi yang sangat strategis pada serangkaian upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, diantaranya dapat digunakan oleh siswa sebagai pusat informasi dan tempat memperdalam serta memperkaya ilmu pengetahuan sesuai dengan yang telah di pelajari dalam kelas. Oleh karena itu manajemen dalam layanan perpustakaan harus di lakukan secara prima dan berorientasi bagi kepentingan pemakai. Pemberian layanan perpustakaan sekolah perlu di manajemen dengan baik. Begitu pentingnya manajemen layanan perpustakaan dalam mutu pendidikan, peneliti ingin menganalisis manajemen layanan perpustakaan di MI NU Baros. Berikut adalah rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Bagaimana anajemen layanan perpustakaan dalam menunjang mutu pendidikan di MI NU Baros?; dan 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat manajemen layanan perpustakaan dalam menunjang mutu pendidikan di MI NU Baros?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan manajemen layanan perpustakaan dalam menunjang mutu pendidikan di MI NU Baros, beserta mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambatnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi sumbangan dibidang ilmu manajemen pendidikan, khususnya dalam pengelolaan perpustakaan di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan. Menggunakan data primer dari komponen MI NU Baros (kepala madrasah, petugas/staf perpustakaan) dan data sekunder yaitu dokumen MI NU Baros, Jurnal relevan, dan buku yang menunjang penelitian ini. Untuk pengambilan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis dimulai dari reduksi data, kemudian penyajian data, dan yang terakhir yaitu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini didapat hasil: 1) MI NU Baros dalam manajemen layanan perpustakaan untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui langkah langkah yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan pengelolaan perpustakaan, 2) Didapat faktor pendukung meliputi adanya peran serta dari warga sekolah dan partisipasi pemberian donasi buku dari pihak luar sekolah, sedangkan faktor penghambatnya meliputi fasilitas dan sarana prasarana yang kurang, dan sumber daya manusia yang belum mencukupi dari segi kualitas dan kuantitasnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAfroni, AkhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen, perpustakaan, mutu pendidikan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 18 Dec 2023 07:41
Last Modified: 18 Dec 2023 07:41
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6247

Actions (login required)

View Item View Item