Problematika guru dalam menerapkan model active learning pada pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Sains Cahaya Al-Quran Kota Pekalongan

Anggriyani, Dilla (2023) Problematika guru dalam menerapkan model active learning pada pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Sains Cahaya Al-Quran Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120114_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2120114_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Model active learning dapat membantu guru untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik, dengan melibatkan mereka secara aktif dalam pembelajaran sehingga peserta didik lebih lama mengingat apa yang sudah dipelajarinya. Dalam praktiknya pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Sains Cahaya Al-Quran dengan menggunakan model pembelajaran active learning tersebut terkadang terhambat oleh beberapa permasalahan, seperti kurangnya antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini dibuat untuk mendeskripsikan: 1) Penerapan model active learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Sains Cahaya AlQuran Kota Pekalongan. 2) Problematika guru dalam menerapkan model active learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Sains Cahaya AlQuran Kota Pekalongan. 3) Solusi bagi problematika guru dalam menerapkan model active learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Sains Cahaya Al-Quran Kota Pekalongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field Research), teknik pengumpulan datanya dengan melakukan interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan di dalam penelitian adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah (1) Ada empat model pembelajaran active learning yang dilaksanakan oleh guru PAI di SMP Sains Cahaya Al-Quran Kota Pekalongan, yaitu Reading Guide, Group Resume, Question Student Have, dan True or False. Dimana semuanya melalui tiga tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. (2) Terdapat empat problematika yang dihadapi oleh guru PAI di SMP Sains Cahaya Al-Quran Kota Pekalongan dalam menerapkan pembelajaran dengan model active learning, yaitu suanana yang membosankan, rendahnya kontribusi siswa, siswa tidak berani mengajukan pertanyaan serta keterbatasan waktu yang disediakan. (3) Solusi untuk problematika yang dihadapi oleh guru PAI di SMP Sains Cahaya Al-Quran Kota Pekalongan dalam menerapkan pembelajaran dengan model Active Learning adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran, pembagian tugas antar siswa, pemberian contoh dan arahan kepada seluruh siswa serta perbaikan manajemen waktu bagi guru PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAli, JauharUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problematika, active learning, guru PAI
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Dec 2023 08:55
Last Modified: 16 Feb 2024 03:24
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6258

Actions (login required)

View Item View Item