Etika lingkungan siswa di sekolah adiwiyata (studi kasus di MI Salafiyah Kertijayan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan)

Rahmawati, Mei (2023) Etika lingkungan siswa di sekolah adiwiyata (studi kasus di MI Salafiyah Kertijayan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2319026 MEI RAHMAWATI BAB I-V.pdf

Download (13MB)
[img] Text (Thesis)
2319026 MEI RAHMAWATI FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh krisis lingkungan hidup yang dihadapi manusia modern khususnya pada lingkungan sekolah yang sudah mendapatkan piagam penghargaan Sekolah Adiwiayata. Program sekolah adiwiyata memiliki peran strategis dalam peningkatan kepedulian lingkungan hidup. Adanya program ini adalah upaya dalam memberikan kesadaran kepada siswa bagaimana menjaga lingkugan dengan baik. Dalam hal ini, peneliti tertarik dengan etika lingkungan siswa di sekolah adiwiyata (Studi Kasus di MI Salafiyah Kertijayan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan) Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana etika lingkungan siswa di MI Salafiyah Kertijayan Kec. Buaran Kab. Pekalongan? 2) Apa saja problematika sekolah dalam mengatasi permasalahan etika lingkungan siswa di MI Salafiyah Kertijayan Kec. Buaran Kab. Pekalongan? 3) Apa solusi yang dilakukan sekolah dalam mengatasi permasalahan etika lingkungan siswa di MI Salafiyah Kertijayan Kec. Buaran Kab. Pekalongan?Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan etika lingkungan siswa di MI Salafiyah Kertijayan Kec. Buaran Kab. Pekalongan. 2) Untuk mendeskripsikan problematika sekolah dalam mengatasi permasalahan etika lingkungan siswa di MI Salafiyah Kertijayan Kec. Buaran Kab. Pekalongan. 3) Untuk mendeskripsikan solusi yang dilakukan sekolah dalam mengatasi permasalahan etika lingkungan siswa di MI Salafiyah Kertijayan Kec. Buaran Kab. Pekalongan . Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dengan jenis penelitian field research (lapangan), dalam hal ini peneliti mengamati setiap kegiatan yang ada dikelas maupun diluar kelas, bagaimana etika lingkungan siswa, problematika yang dilihat serta solusi yang dilakukan dalam penanaman etika lingkungan siswa di MI Salafiyah Kec. Buaran Kab. Pekalongan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumtasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Etika lingkungan siswa di sekolah adiwiyata MI Salafiyah Kertijayan Kec. Buaran Kab. Pekalongan sudah baik. Beberapa siswa belum sepenuhnya memiliki etika lingkungan sesuai dengan indikator. 2) Problematika sekolah dalam mengatasi permasalahan etika lingkungan siswa di MI Salafiyah Kertijayan Kec. Buaran Kab. Pekalongan yaitu pengetahuan, kesadaran dan perilaku. 3) Solusi yang Dilakukan Sekolah dalam Mengatasi Permasalahan Etika Lingkungan Siswa di MI Salafiyah Kertijayan Kec. Buaran Kab. Pekalongan yaitu penanaman dan pengintegrasian terhadap pelajaran muatan lokal, Bekerja sama dengan pihak terkait, memberikan arahan dan teladan yang baik untuk peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHaryanto, Andung DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Etika lingkungan, sekolah adiwiyata
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 18 Dec 2023 08:28
Last Modified: 18 Dec 2023 08:28
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6263

Actions (login required)

View Item View Item