Pengaruh Kemampuan Manajerial Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) Terhadap Pengembangan Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru di Kecamatan Pekalongan Utara

Khasan, Umar (2023) Pengaruh Kemampuan Manajerial Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) Terhadap Pengembangan Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru di Kecamatan Pekalongan Utara. Masters thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
5221002-Bab1&5.pdf

Download (8MB)
[img] Text
5221002 --Fulltext.pdf

Download (10MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Umar Khasan, Nim. 5221002. 2023. Pengaruh Kemampuan Manajerial Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) Terhadap Pengembangan Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru di Kecamatan Pekalongan Utara. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Uin K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: (1) Umi Mahmudah, M.Sc., Ph.D (2) Dr. Taufiqurrahman, M.Sy Kata Kunci: Kemampuan Manajerial, KKG PAI, Kompetensi edagogik, Kompetensi Profesional KKG PAI merupakan organisasi guru yang tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Keberadaan pusat kegiatan guru dalam sistem pembinaan profesionalisme, secara organisatoris telah ada dan berfungsi. Namun sistem pelaksanaannya kurang efektif sehingga tujuan yang diharapkan tidak dapat tercapai secara optimal. Seiring setelah pergantian masa bakti pengurus, kegiatan KKG PAI Kecamatan Pekalongan Utara banyak mengalami perkembangan positif. Antara lain penyusunan program KKG yang lebih menyentuh pada peningkatan kompetensi guru PAI dengan menghadirkan tutor yang relevan, menambah kegiatan-kegiatan yang mengarah kepada peningkatan kompetensi guru PAI seperti penyusunan program pembelajaran dan evaluasi, bedah kisi-kisi ujian dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemampuan manajerial kelompok kerja guru pendidikan agama islam terhadap pengembangan kompetensi pedagogik dan profesional guru pendidikan agama islam di Kecamatan Pekalongan Utara. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan angket yang terdiri dari variabel kemampuan manajerial KKG PAI, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 37 orang. Sementara untuk uji hipotesis menggunakan teknik analisis uji MANCOVA. Hasil analisis data membuktikan 1) Terdapat pengaruh signifikan antara kemampuan manajerial terhadap pengembangan kompetensi pedagogik guru PAI di Kecamatan Pekalongan Utara, berdasarkan hasil uji Test of Between Subjects Effects diperoleh nilai signifikansi 0,001 dan lebih kecil dari 0,05. 2) Terdapat pengaruh signifikan antara kemampuan manajerial terhadap pengembangan kompetensi profesional guru PAI di Kecamatan Pekalongan Utara, berdasarkan hasil uji Test of Between Subjects Effects diperoleh nilai ignifikansi 0,004 dan lebih kecil dari 0,05. 3) Hasil uji mancova kemampuan manajerial terhadap kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai tersebut kurang dari 0.05 maka bisa disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan manajerial KKG PAI Kecamatan Pekalongan Utara terhadap pengembangan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru PAI Kecamatan Pekalongan Utara secara simultan.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMahmudah, UmiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorTaufiqurrahman, TaufiqurrahmanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Manajerial, KKG PAI, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 18 Dec 2023 08:35
Last Modified: 18 Dec 2023 08:35
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6264

Actions (login required)

View Item View Item