Implementasi pendidikan pancasila dalam perspektif kurikulum merdeka di MI YMI Wonopringgo 02 Kabupaten Pekalongan

Afif, Prayogo Nun (2023) Implementasi pendidikan pancasila dalam perspektif kurikulum merdeka di MI YMI Wonopringgo 02 Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2319057 PRAYOGO NUN AFIF BAB I-V.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Thesis)
2319057 PRAYOGO NUN AFIF FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh problematika siswa yang mulai luntur akan pengetahuan dan pengamalan Pancasilanya, seperti masih banyak dari mereka yang tidak hafal sila pancasila, mulai lunturnya rasa persatuan dan kesatuan, berkurangnya sikap cinta tanah air, dan terjadinya degradasi moral pada peserta didik. Hal ini menjadi problematika dalam pembentukan peserta didik yang memiliki jiwa pancasilais. Oleh karena itu, implementasi pendidikan Pancasila sangat penting dalam dunia pendidikan, guna untuk membentuk karakter siswa yang berjiwa pancasilais. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimana faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan pancasila dalam perspektif kurikulum merdeka di MI YMI Wonopringgo 02 Kabupaten Pekalongan. Dengan tujuan penelitian untuk menganalisis faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam implementasi pendidikan Pancasila di MI YMI Wonopringgo 02 Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis datanya berupa penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah kepala Madrasah MI YMI Wonopringgo 02, dan guru/pendidik MI YMI Wonopringgo 02 Kabupaten Pekalongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam implementasi pendidikan Pancasila dalam perspektif kurikulum merdeka di MI YMI Wonopringgo 02, terbagi menjadi tiga tahapan yakni: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Faktor pendukung implementasi pendidikan Pancasila di MI YMI Wonopringgo 02, datang dari dukungan kepala madrasah, ketua yayasan, guru/pendidik, sarana dan prasarana, serta program-program sekolah yang menunjang penerapan nilai-nilai Pancasila. Faktor penghambat Implementasi pendidikan Pancasila di MI YMI Wonopringgo 02 datang dari lingkungan keluarga peserta didik yang terkadang kurang dalam memahami nilai-nilai pendidikan pancasila, jadi siswa mudah terpengaruh dari faktor tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAini, RofiqotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, pendidikan, pancasila, kurikulum, merdeka
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 18 Dec 2023 09:27
Last Modified: 18 Dec 2023 09:27
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6272

Actions (login required)

View Item View Item