Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam membina Moderasi Beragama Siswa di SMPN 1 Warungasem Batang

Imron, Ali Muh (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam membina Moderasi Beragama Siswa di SMPN 1 Warungasem Batang. Masters thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
5220061-Bab1&7.pdf

Download (5MB)
[img] Text
5220061-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Muh Ali Imron, 2023, Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam membina Moderasi Beragama Siswa di SMPN 1 Warungasem Batang. Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing: I. Dr. H. Muhlisin, M.Ag II. Dr. H. Taufiqur Rohman, M.Sy. Kata Kunci : Peran, Guru PAI, Moderasi Beragama Indonesia adalah negara yang majemuk, sementara kehidupan yang tentram dan harmonis adalah keinginan setiap orang tanpa memandang latar belakang seperti suku, ras, budaya dan agama. Di tengah keberagaman tersebut, sering terjadi masalah sosial seperti diskriminasi sosial, konflik sosial, penindasan, persekusi, dan sebagainya. Tindakan-tindakan tersebut menjadi semakin menguat ketika mendapatkan legitimasi dari ajaran agama. Fenomena ini pada akhirnya tidak hanya terjadi antar pemeluk agama, namun juga di internal agama tersebut, dimana kelompok mayoritas menindas kelompok minoritas. Karenanya, moderasi beragama perlu tempat yang tepat untuk tumbuh dan berkembang dan lembaga pendidikan merupakan tempat yang sangat tepat untuk menyemai moderasi beragama. Fokus penelitian ini pada masalah bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membina moderasi beragama siswa, bagaimana implementasi moderasi beragama yang dibangun oleh guru Pendidikan Agama Islam dan apa faktor pendukung serta penghambatnya. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui peran guru PAI dalam membina moderasi siswa, mengetahui implementasi moderasi beragama yang dibangun oleh guru PAI serta mengetahui faktor pendukung serta penghambat pembinaan moderasi beragama siswa di SMPN 1 Warungasem. Penelitian ini adalah penelitian ground research (penelitian kuantitatif lapangan) dengan pendekatan fenomenologis dan data dikumpulkan menggunakan metode wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian dan pembahasan, peneliti berhasil memperoleh 3 temuan, yaitu: 1) Upaya guru PAI dalam membina moderasi beragama siswa dilakukan melalui: pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dibentuknya kelas Pancasila, melakukan monitoring serta memberikan teladan bagi siswa. 2) Peran guru PAI dalam membina moderasi beragama siswa meliputi peran guru PAI sebagai pembimbing, informator, learning manager, dan sebagai inspirator. 3) Faktor pendukung meliputi: dukungan dari kepala sekolah, adanya organisasi dan kegiatan sekolah, adanya materi yang berkaitan dengan moderasi beragama. Adapun faktor penghambat yaitu: faktor lingkungan di luar sekolah dan faktor media sosial.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuhlisin, MuhlisinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorRohman, TaufiqurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru PAI, Moderasi Beragama
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 19 Dec 2023 01:23
Last Modified: 12 Jan 2024 07:24
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6279

Actions (login required)

View Item View Item