Pelaksanaan bimbingan karier berbasis islami untuk membentuk kemandirian siswa tunagrahita ringan di SLB Negeri Kota Pekalongan

Syahroji, Arif (2023) Pelaksanaan bimbingan karier berbasis islami untuk membentuk kemandirian siswa tunagrahita ringan di SLB Negeri Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Cover,Bab1-BabV.pdf

Download (5MB)
[img] Text
3519025_Full text1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa tunagrahita ringan yang memiliki masalah kemandirian karier seperti tidak percaya diri dan sulit mengambil keputuan. Lulusan dari SLB Negeri Kota Pekalongan banyak yang setelah lulus mendapatkan kerja yang baik seperti berjualan, ada yang bekerja sebagai PNS, menjahit dan membatik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemandirian karier siswa tunagrahita ringan dan pelaksanaan bimbingan karier berbasis islami untuk membentuk kemandirian karier siswa tunagrahita ringan di SLB Negeri Kota Pekalongan. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan studi kasus kualitataif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Milles dan Huberman dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan karier berbasis Islami dapat meningkatkan kemandirian siswa tunagrahita dalam memilih karier yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Ketiga siswa tunagrahita ringan menunjukkan mereka sudah mandiri dan mampu menentukan pilihan kariernya sendiri. Mampu memilih karier sesuai dengan keinginannya menjadi seorang dokter dan bekerja setelah pulang sekolah berjualan dirumah. Suka membantu ibunya memasak dirumah dan mandiri dalam memilih karier untuk mengikuti pelatihan pembuatan kue, menunjukkan sikap yang mandiri dalam memilih karier, untuk kuliah ditunjukkan dengan sikap yang rajin berangkat kesekolah dan tidak terlambat lagi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pentingnya pelaksanaan bimbingan karier berbasis Islami untuk membentuk kemandirian siswa tunagrahita ringan di SLB Negeri Kota Pekalongan dalam memilih karier yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Pelaksanaan bimbingan karier berbasis islami di SLB Negeri Kota Pekalongan melalui keterampilan berwirausaha dan memasak seperti membuat telur asin, pembuatan kue dan berjualan, dengan metode bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuthoharoh, AnnisaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan karier berbasis islami, kemandirian, siswa tunagrahita ringan, bimbingan karier
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 19 Dec 2023 08:04
Last Modified: 02 Feb 2024 03:54
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6281

Actions (login required)

View Item View Item