Baharshah, Awaludin (2022) Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.
Text
5320006-Bab1&5.pdf Download (4MB) |
|
Text
5320006-fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Tesis ini mengkaji implementasi pembelajaran tematik integratif dalam mata pelajaran akidah akhlak di MIIS Purbalingga. Penulisannya diinspirasi oleh adanya kenyataan bahwa fenomena yang terjadi di MIIS Purbalingga adalah menurunnya kualitas akhlak seperti masih menyontek dalam ujian dan bersikap kurang sopan kepada pendidik. Sehingga perlu adanya penanganan melalui pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana perencanaan pembelajaran tematik integratif dalam mata pelajaran akidah akhlak di MIIS Purbalingga? 2. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik integratif dalam mata pelajaran akidah akhlak di MIIS Purbalingga? 3. Bagaimana evaluasi pembelajaran tematik integratif dalam mata pelajaran akidah akhlak di MIIS Purbalingga? 4. Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pembelajaran tematik integratif dalam mata pelajaran akidah akhlak di MIIS Purbalingga? Tujuan penelitian ini adalah 1. Menganalisis perencanaan pembelajaran tematik integratif dalam mata pelajaran akidah akhlak di MIIS Purbalingga. 2. Menganalisis pelaksanaan pembelajaran tematik integratif dalam mata pelajaran akidah akhlak di MIIS Purbalingga. 3. Menganalisis evaluasi pembelajaran tematik integratif dalam mata pelajaran akidah akhlak di MIIS Purbalingga. 4. Menganalisis faktor pendukung dan penghambat pembelajaran tematik integratif dalam mata pelajaran akidah akhlak di MIIS Purbalingga. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dari penelitian ini diperoleh suatu data deskriptif yang menggambarkan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta faktor pendukung dan penghambat pembelajaran tematik integratif dalam mata pelajaran akidah akhlak dengan tempat penelitian di MIIS Purbalingga, adapun data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian diolah menjadi sebuah informasi. Hasil penelitian ini adalah implementasi pembelajaran tematik integratif dalam mata pelajaran akidah akhlak di MIIS Purbalingga melalui tiga tahapan. Pertama, kegiatan awal, meliputi mengucapkan salam, menanyakan kabar, dan mengabsensi para peserta didik, Kedua, kegiatan inti meliputi empat aktivitas yaitu: mengamati, bertanya, menyimpulkan, dan mendiskusikan hasil. Ketiga, kegiatan akhir meliputi memberikan pekerjaan rumah, serta diakhiri mengucapkan salam penutup.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Tematik Integratif, Mata Pelajaran Akidah Akhlak | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Akhiroh Ghufron | ||||||||||||
Date Deposited: | 19 Dec 2023 03:16 | ||||||||||||
Last Modified: | 19 Dec 2023 03:16 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6286 |
Actions (login required)
View Item |