Peran Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Mi Di Kecamatan Karangdadap

Rofi’ah, Assayyidatu Zil Kamala (2022) Peran Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Mi Di Kecamatan Karangdadap. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
5320008 - Bab1&5.pdf

Download (20MB)
[img] Text
5320008-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar belakang penulisan tesis ini adalah selama ini madrasah dianggap sebagai lembaga pendidikan Islam yang mutunya lebih rendah daripada mutu lembaga pendidikan lainnya, terutama sekolah umum, walaupun beberapa madrasah justru lebih maju daripada sekolah umum. Namun keberhasilan beberapa madrasah dalam jumlah yang terbatas itu belum mampu menghapus kesan negatif "sekolah mutu rendah" yang sudah terlanjur melekat selama ini. Kepala Madrasah dituntut untuk dapat menyelenggarakan pendidikan yang bermutu tinggi. KKMI yang beranggotakan para Kepala Madrasah dibentuk agar dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk meningkatkan mutu pendidikan. Berkaitan dengan hal ini dilakukan studi awal di KKMI Kecamatan Karangdadap yang berdiri pada Tahun 2010. Dari keterangan Ketua KKMI bahwa dengan adanya KKMI, mutu pendidikan MI di Kecamatan Karangdadap dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana gambaran mutu pendidikan dilihat dari input, proses dan output MI di Kecamatan Karangdadap?, 2) Bagaimana peran Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) dalam meningkatkan mutu pendidikan pada MI di Kecamatan Karangdadap?, 3) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi mutu pendidikan MI di Kecamatan Karangdadap?. Tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan tesis ini adalah: 1) Untuk menganalisis gambaran mutu pendidikan dilihat dari input, proses dan output MI di Kecamatan Karangdadap, 2) Untuk menganalisis bagaimana peran Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) dalam meningkatkan mutu pendidikan pada MI di Kecamatan Karangdadap, 3) Untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi mutu pendidikan MI di Kecamatan Karangdadap. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif deskriptif analitik dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Validitas dan reliabilitas data menggunakan teknik triangulasi. Responden penelitian yaitu Ketua dan anggota KKMI Kecamatan Karangdadap. Hasil penelitian ini adalah 1) Gambaran mutu pendidikan dilihat dari input, proses dan output MI di Kecamatan Karangdadap 2) KKMI berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan, 3) Faktor yang mempengaruhi mutu pendidikan MI Kecamatan Karangdadap baik faktor internal maupun faktor eksternal.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMusatkim, ZaenalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorRohman, TaufiqurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran, Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI), Mutu Pendidikan MI
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 19 Dec 2023 04:40
Last Modified: 19 Dec 2023 04:40
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6292

Actions (login required)

View Item View Item