Strategi Pengembangan Bisnis Kuliner Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Bubur Ayam Nirwana Pemalang)

Sintari, Dina (2023) Strategi Pengembangan Bisnis Kuliner Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Bubur Ayam Nirwana Pemalang). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4119003_COVER BAB1 DAN 5_DP.pdf

Download (833kB)
[img] Text
4119003_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uin gusdur.ac.id/

Abstract

Bubur Ayam Nirwana merupakan salah satu usaha yang tetap bertahan dan terus mengalami perkembangan di setiap tahunnya, meskipun keadaan ekonomi pada saat itu sedang tidak stabil. Islam menganjurkan dalam melakukan sebuah bisnis atau usaha maka hendaklah beretika. Etika bisnis tidak hanya diartikan dari sudut pandang kegiatan bisnisnya saja, namun dapat dilihat dari seluruh aspek termasuk pada sifat dan etika dari seorang pebisnis tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan bisnis yang di terapkan di bubur ayam nirwana Pemalang dan untuk mengetahui strategi pengembangan bisnis bubur ayam dalam perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif dengan tujuan mendeskripsikan segala sesuatu tentang strategi pengembangan usaha dan etika bisnis Islam di Bubur Ayam Nirwana. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa strategi pengembangan bisnis pada usaha Bubur Ayam Nirwana yaitu menggunakan strategi produk, strategi pelayanan, dan strategi promosi. Ditinjau dari etika bisnis Islam, usaha Bubur Ayam Nirwana telah sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam. Pengembangan usaha yang dilakukan oleh Bubur Ayam Nirwana menggunakan prinsip tauhid, prinsip tanggung jawab, prinsip keseimbangan, prinsip ihsan, dan prinsip kehendak bebas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bisnis Kuliner, Etika Bisnis Islam, Strategi Pengembangan.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 19 Dec 2023 07:37
Last Modified: 19 Dec 2023 07:37
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6293

Actions (login required)

View Item View Item