Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Guru Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Mas Simbang Kulon

Maula, Nihlah Ni’matul (2023) Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Guru Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Mas Simbang Kulon. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2619012-NIHLA-COVER- BAB1-BAB5-DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6MB)
[img] Text
2619012_NIHLA NI'MATUL MAULA FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Guru merupakan unsur penting dalam sistem pendidikan. Demi meningkatkan mutu dan kualitas peserta didik dan mencapai tujuan pendidikan maka peranan guru harus diperhitungkan dengan sungguh-sungguh. Kualitas seorang guru dilihat dari kompetensi-kompetensi dasar guru salah satunya kompetensi pedagogik, Guru yang berkualitas mampu mengembangkan pembelajaran guna menciptakan lingkungan belajar yang nyaman sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dari uraian di atas peneliti merumuskan masalah menjadi tiga: 1) Bagaimana hasil kompetensi pedagogik guru berlatar belakang pendidikan matematika dengan guru berlatar belakang bukan pendidikan matematika? 2) Bagaimana hasil belajar matematika siswa yang diajar oleh guru berlatar belakang pendidikan matematika dan bukan pendidikan matematika? 3) Apakah terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar matematika siswa? Dari ketiga rumusan masalah di atas, penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui hasil kompetensi pedagogik guru berlatar belakang pendidikan matematika dan bukan pendidikan matematika 2) Mengetahui hasil belajar matematika siswa yang diajar oleh guru berlatar belakang pendidikan matematika dan bukan pendidikan matematika 3) Mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MAS Simbang Kulon. Dengan menggunakan teknik purposive sampling sampel yang dipilih adalah kelas XII IPS 1 dan XII IPS 5. Dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah independent sample t-test yang dilanjutkan dengan regresi linier sederhana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah skor kompetensi pedagogik guru berlatar belakang pendidikan matematika lebih tinggi dari guru yang berlatar belakang bukan pendidikan matematika yaitu 62,86 >58,16. Begitu pula dengan hasil belajar matematika siswa, siswa yang diajar oleh guru berlatar belakang pendidikan matematika memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibanding siswa yang diajar oleh guru berlatar belakang bukan pendidikan matematika yaitu 71,84>60,03. Dan terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 9,9% yang diketahui dari nilai R square atau koefisien determinasi dari uji regresi linier. xiii

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNalim, NalimUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Guru, Kompetensi Pedagogik, Hasil Belajar
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 19 Dec 2023 09:03
Last Modified: 30 Jan 2024 04:28
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6309

Actions (login required)

View Item View Item