Pengembangan Model Stream (Science, Technology, Religion, Engineering, Art, And Mathematics) Dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV MI Futuhiyyah Doro Pekalongan

ISMIATI, NUR (2022) Pengembangan Model Stream (Science, Technology, Religion, Engineering, Art, And Mathematics) Dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV MI Futuhiyyah Doro Pekalongan. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.

[img] Text
5320009-Bab1&5.pdf

Download (15MB)
[img] Text
5320009-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Model pembelajaran STREAM merupakan bentuk pemodifikasian pembelajaran STEAM menjadi STREAM. Dimana ketika pembelajaran guru mengaitkan materi belajarnya dengan aspek-aspek keagamaan. Berdasarkan hasil observasi terhadap perolehan nilai tengah semester genap tahun ajaran 2021/2022 mata pelajaran matematika siswa kelas IV B, dapat diketahui lebih dari 50% siswa masih memperoleh nilai hasil belajar kurang dari KKM (Kriteria Ketuntasan Maksimal). Oleh karena itu peneliti tertarik untuk memakai model pembelajaran STREAM di kelas IV MI Futuhiyyah Doro dengan tujuan agar dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika pada diri siswa melalui berbagai perspektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana implementasi model STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematics) dalam Pembelajaran Matematika di kelas IV MI Futuhiyyah Doro Pekalongan? 2. Bagaimana pengembangan model STREAM (Science, Religion, Technology, Engineering, Art, And Mathematics) dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV Materi Bangun Datar di MI Futuhiyyah Doro Pekalongan? 3. Bagaimana keefektifan penggunaan model STREAM (Science, Religion, Technology, Engineering, Art, And Mathematics) terhadap peningkatan hasil belajar Matematika siswa Kelas IV Materi Bangun Datar di MI Futuhiyyah Doro Pekalongan? Tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan tesis ini adalah 1. Untuk mendeskripsikan pengimplementasian dari model STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematics) dalam Pembelajaran Matematika di kelas IV MI Futuhiyyah Doro Pekalongan. 2. Untuk mengembangkan model STREAM (Science, Religion, Technology, Engineering, Art, And Mathematics) dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar di MI Futuhiyyah Doro Pekalongan. 3. Untuk menganalisis keefektivitasan model STREAM (Science, Religion, Technology, Engineering, Art, And Mathematics) terhadap peningkatan hasil belajar Matematika siswa Kelas IV Materi Bangun Datar di MI Futuhiyyah Doro Pekalongan. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam pengembangan model pembelajaran ini yatu jenis penelitian R&D. Adapun model pegembangan yang dipakai yaitu model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Berdasarkan penelitian diperoleh hasil yaitu pada tahap analisis peneliti melakukan pengumpulan data dan informasi diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara serta penyebaran kuosioner kebutuhan guru dan siswa. Pada tahap perancangan peneliti menyusun rancangan pembuatan produk. Pada tahap pengembangan peneliti menyusun produk model pembelajaran STREAM, Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Ajar/ Modul, dan Instrumen Penilaian serta membuat instrumen validasi untuk digunakan ketika validasi produk. Pada tahap implementasi peneliti melakukan validasi produk oleh ahli, uji coba lapangan dilakukan pada kelas kecil dengan jumlah siswa 23 dan kelas besar dengan jumlah siswa 23, adapun siswa tersebut berasal dari kelas IVA dan IVB MI Futuhiyyah Doro. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh ahli yaitu untuk buku pedoman model STREAM memperoleh total skor 71 dengan peresentase sebesar 81%. Untuk RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) memperoleh total skor 77 dengan presentase sebesar 80%. Untuk hasil validasi buku ajar/ modul memperoleh total skor sebesar 85 dengan presentase sebesar 82%. Sedangkan untuk hasil validasi isntrumen penialian memperoleh total skor sebesar 39 dengan presebtase sebesar 82%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kesemua hasil produk tersebut masuk dalam kategori valid/ tidak revisi. Pada tahap evaluasi peneliti menggunakan uji N-Gain dengan hasil bahwa nilai rata-rata N-gain score untuk kelas uji skala kecil sebesar 77,39%, dan untuk kelas uji skala besar adalah 78,14% sehingga hasil kedua kelas tersebut termasuk dalam kategori efektif. Sedangkan untuk rata-rata N-gain score untuk kelas kontrol adalah sebesar 29,51% termasuk dalam kategori tidak efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMustakim, ZaenalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorMahmudah, UmiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model STREAM, pembelajaran matematika
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 20 Dec 2023 01:25
Last Modified: 20 Dec 2023 01:25
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6316

Actions (login required)

View Item View Item