Implementasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Madrasah Ibtidaiyah (Kajian Literasi Dan Numerasi Guru Pada Kelompok Kerja Guru Di Pekalongan

MAGHFIROH, ANIK (2022) Implementasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Madrasah Ibtidaiyah (Kajian Literasi Dan Numerasi Guru Pada Kelompok Kerja Guru Di Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
5320010 - Bab1&5.pdf

Download (5MB)
[img] Text
5320010-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas membutuhkan guru professional. Menteri Agama Fachrul Razi merilis Program Madrasah Reform Realizing Education’s Promise untuk pertama kalinya pada 20 Oktober 2020, yang hingga kini program tersebut dilanjutkan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Program ini berjangka panjang dan berlangsung selama 5 tahun dengan harapan dapat meningkatkan mutu pengelolaan pendidikan. PKB untuk pendidik ditingkat Kabupaten Pekalongan mulai dilaksanakan tahap 1 pada Oktober - Desember 2021. Pelaksanaan Program PKB dalam kegiatan KKG dilakukan dengan fokus pencapaian peningkatan kecakapan literasi dan numerasi. Melihat keterbaruan program tersebut maka bisa disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan adalah hal baru dan belum pernah ada sebelumnya. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah: Bagaimana implementasi program PKB guru pada KKG MI di Pekalongan. Bagaimana dinamika kemampuan guru sebelum dan sesudah program PKB pada KKG MI di Pekalongan. Bagaimana efektifitas implementasi program PKB dalam meningkatkan literasi dan numerasi guru KKG MI di Pekalongan. Tujuan penelitian adalah: Menganalisis implementasi program PKB guru pada KKG MI di Pekalongan. Menganalisis dinamika kemampuan guru pra dan paska program PKB pada KKG MI di Pekalongan. Mengaproksimasi data efektifitas implementasi program PKB dalam meningkatkan literasi dan numerasi guru KKG di Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kombinasi (mix metodh) antara kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data melalui: angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif dengan uji kualitas data, asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana, dan uji hipotesis yang diolah melalui analisis statistik dengan bantuan program software SPSS. Analisis data kualitatif deskriptif dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan (1) Prosedur kegiatan ini diawali dengan seleksi proposal kegiatan mulai dari Kemenag tingkat Kabupaten, Provinsi hingga Pusat. Selanjutnya dilakukan proses persiapan teknis pelaksanaan guna realisasi program. Ada 52 anggota KKG di Pekalongan terdiri dari 10 laki-laki dan 42 perempuan (2) Guru sudah tidak asing dengan materi dalam setiap unit pembelajaran pada modul PKB, karena pembahasan tersebut sudah ada ditengah proses belajar mengajar guru di kelas selama ini. Kegiatan KKG sebelum program PKB berpengaruh terhadap kemampuan literasi dan numerasi guru MI di Pekalongan. Kegiatan KKG sesudah program PKB berpengaruh terhadap kemampuan literasi dan numerasi guru MI di Pekalongan (3) Dari hasil analisis dengan kesimpulan H1-H4 diterima. Namun korelasi bernilai positif tersebut termasuk dalam kategori minim

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMustakim, ZaenalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorRohman, TaufiqurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Literasi,Numerasi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 20 Dec 2023 04:31
Last Modified: 20 Dec 2023 04:31
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6345

Actions (login required)

View Item View Item