Peran Sekolah Penggerak Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SD Negeri Kradenan 01 Kota Pekalongan

Karimah, Nabillah (2023) Peran Sekolah Penggerak Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SD Negeri Kradenan 01 Kota Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
5320015-Bab1&5.pdf

Download (8MB)
[img] Text
5320015-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

SD Negeri Kradenan 01 Kota Pekalongan merupakan sekolah penggerak. Sekolah penggerak berkaitan dengan mutu pendidikan yang menjadi orientasi dalam penyelenggaraan pendidikan oleh seluruh pemangku pendidikan. Dalam meningkatkan mutu pendidikan, peran sekolah penggerak menjadi penting agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Rumusan Masalah yang diajukan dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana mutu pendidikan di SD Negeri Kradenan 01 Kota Pekalongan sebelum ditetapkan sebagai sekolah penggerak? (2) Bagaimana mutu pendidikan di SD Negeri Kradenan 01 Kota Pekalongan setelah ditetapkan sebagai sekolah penggerak? (3) Bagaimana peran sekolah penggerak dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri Kradenan 01 Kota Pekalongan? Tujuan dan kegunaan penelitian ini adalah untuk menganalisis mutu pendidikan di SD Negeri Kradenan 01 Kota Pekalongan sebelum ditetapkan sebagai sekolah penggerak, menganalisis mutu pendidikan di SD Negeri Kradenan 01 Kota Pekalongan setelah ditetapkan sebagai sekolah penggerak dan menganalisis peran sekolah penggerak dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri Kradenan 01 Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif analitis, pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Triangulasi yang digunakan yaitu sumber dan metode. Metode analisisnya menggunakan analisis kualitatif model Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa Kondisi mutu pendidikan di SD Negeri Kradenan 01 Kota Pekalongan sebelum ditetapkan sebagai sekolah penggerak secara umum tergolong baik, namun ada beberapa yang belum memenuhi kompetensi dan standar. Kondisi mutu pendidikan di SD Negeri Kradenan 01 Kota Pekalongan setelah ditetapkan sebagai sekolah penggerak secara umum tergolong lebih baik daripada sebelum ditetapkan sebagai sekolah penggerak. Peran sekolah penggerak dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri Kradenan 01 Kota Pekalongan sudah efektif dan sangat baik bagi kepala sekolah, guru-guru, peserta didik, dan orang tua dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri Kradenan 01 Kota Pekalongan.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Sekolah penggerak, Mutu Pendidikan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 03 Jan 2024 10:08
Last Modified: 12 Jan 2024 04:23
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6382

Actions (login required)

View Item View Item