Haq, Arina Dina (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2619075_Cover, BAB I dan BAB V.pdf Download (929kB) |
|
Text
2619075_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Kemampuan penalaran matematis dan minat belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang yang tergolong rendah diperlukan model pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Model pembelajaran Reciprocal Teaching merupakan model pembelajaran berupa kegiatan mengajar materi pada teman. Dalam pembelajaran ini siswa mengambil alih peran guru dan memainkan peran guru untuk mengajar teman-temannya. Ada empat strategi pemahaman mandiri pada proses belajar siswa, yaitu question generating (menghasilkan pertanyaan), clarifying (mengklarifikasikan masalah), predicting (memprediksikan), summarizing (meringkas). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana tingkat kemampuan penalaran matematis pada kelas kontrol?, Bagaimana tingkat kemampuan penalaran matematis pada kelas eksperimen?, Apakah model pembelajaran Reciprocal Teaching efektif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pengambilan sampel menggunakan teknik puposive sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas X.1 dan X.5. Pengumpulan data mengunakan instrumen soal pretest dan posttest sebanyak 4 soal. Analisis data yang digunakan yaitu uji keseimbangan, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata posttest sebesar 70,64. (2) kelas yang menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching memiliki rata-rata sebesar 79,14. (3) hasil hipotesis menggunakan uji independent sample t-test memperoleh nilai signifikan yaitu 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan kemampuan penalaran matematis antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen dan berdasarkan rata-rata kelas eksperimen 79,14 lebih besar dari rata-rata kelas kontrol 70,64. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penalaran matematis siswa menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching kelas eksperimen lebih efektif daripada kemampuan penalaran matematis siswa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Kemampuan Penalaran Matematis. | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 511.8 Mathematical Models, Mathematical Simulation/Matematika Model, Simulasi Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 21 Dec 2023 06:34 | ||||||||
Last Modified: | 30 Jan 2024 02:47 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6384 |
Actions (login required)
View Item |