Upaya guru kelas dalam menanamkan sikap toleransi siswa kelas IV di SD Negeri 01 Mulyorejo

Nada, Salsabila Qotrin (2023) Upaya guru kelas dalam menanamkan sikap toleransi siswa kelas IV di SD Negeri 01 Mulyorejo. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2319025 SALSABILA QOTRIN NADA BAB I-V.pdf

Download (9MB)
[img] Text (Thesis)
2319025 SALSABILA QOTRIN NADA FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Indonesia merupakan negara multikultural. Konflik-konflik merajalela, tidak hanya karena sosial dan ekonomi namun juga karena budaya. Oleh karena sikap toleransi perlu ditanamkan di sekolah. Kasus intoleransi yang sering terjadi adalah anak yang kurang dalam hal kemampuan akademik banyak mendapat ejekan dari teman kelasnya. Hal ini menyebabkan anak tersebut menjadi kurang percaya diri. Guru kelas IV memiliki upaya dalam menanamkan sikap toleransi siswa dengan memberikan pemahaman mengenai sikap toleransi. Namun dalam implementasi di kelas, para siswa masih banyak yang bersikap kurang toleran karena usia anak anak yang masih kisaran 10-11 tahun masih sulit untuk diberi pemahaman. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: (1)Bagaimana upaya guru kelas dalam menanamkan sikap toleransi pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Mulyorejo? (2)Apa sajakah kendala yang di hadapi oleh guru kelas dalam menanamkan sikap toleransi pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Mulyorejo? (3)Bagaimana upaya yang dilakukan guru untuk mencari solusi dari kendala yang ada? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi upaya guru kelas dalam menanamkan sikap toleransi pada siswa kelas IV, mengidentifikasi kendala yang dihadapi oleh guru kelas dan mengidentifikasi solusi dari kendala yang ada. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dari hasil yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan (1) Guru kelas menerapkan pembiasaan berupa kegiatan rutin, kegiatan spontan, kegiatan terprogram dan keteladanan. Selain itu, guru kelas juga menanamkan sikap toleransi dalam pembelajaran di kelas dengan penataan tempat duduk yang heterogen dan pembagian anggota kelompok diskusi yang heterogen. (2) kendala yang di hadapi guru kelas dalam menanamkan sikap toleransi siswa kelas IV di SD Negeri 01 Mulyorejo adalah kurangnya minat siswa dalam menerapkan sikap toleransi, tingkat pemahaman antar siswa yang berbeda dan karakter siswa yang berbeda-beda. (3) solusi, guru dapat menciptakan kondisi pembelajaran yang menyenangkan, memberi pemahaman secara individu kepada siswa yang kurang paham dan melakukan pendekatan secara individu untuk memahami karakter siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAfroni, AkhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya guru, sikap toleransi, sekolah dasar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 21 Dec 2023 07:49
Last Modified: 21 Dec 2023 07:49
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6399

Actions (login required)

View Item View Item