Strategi pemasaran pada produk tabungan IB hasanah di bank BNI syariah cabang Pekalongan

Hakim, Bagus Rahman (2016) Strategi pemasaran pada produk tabungan IB hasanah di bank BNI syariah cabang Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
2012113101 BAGUS RACHMAN HAKIM BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (5MB)
[img] Text
2012113101 BAGUS RACHMAN HAKIM BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Strategi pemasaran adalah suatu proses sosial yang merancang dan menawarkan sesuatu yang menjadi kebutuhan dan keinginan dari pelanggan dalam rangka memberikan kepuasan yang optimal kepada pelanggan. Dengan strategi pemasaran yang jitu maka sebuah perusahaan akan dapat berkembang dalam dunia usaha. Tujuan penelitian Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran pada produk Tabungan iB Hasanah di Bank BNI Syariah Cabang Pekalongan. Kegunaan penelitian ini untuk memberikan gambaran mengenai strategi pemasaran pada produk Tabungan iB Hasanah di Bank BNI Syariah Cabang Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan lokasi di BNI Syariah cabang Pekalongan dan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara dan observasi. Teknik pengumpulan data sekunder diperoleh dengan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis. Dalam penerapannya, penelitian digunakan untuk menganalisa strategi pemasaran pada produk Tabungan iB Hasanah di Bank BNI Syariah Cabang Pekalongan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh BNI Syariah Cabang Pekalongan menggunakan strategi bauran pemasaran (marketing mix). Strategi bauran pemasaran yang dilakukan BNI Syariah meliputi unsur 7P, yaitu product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), people (orang), physical evidence (bukti fisik), prosses (proses). Dalam menggunakan strategi bauran pemasaran, BNI Syariah lebih menekankan pada aspek promotion (promosi). Dalam aspek promosi tersebut BNI Syariah dapat berkomunikasi langsung dengan nasabah, sehingga setiap pegawai bank BNI Syariah harus memberikan pelayanan yang memuaskan kepada nasabahnya. Terbukti dengan strategi pemasaran yang jitu, produk tabungan iB Hasanah dari awal muncul pada tahun 2000 sampai sekarang masih diminati oleh nasabah. Terbukti juga jumlah nasabah produk Tabungan iB Hasanah dari tahun 2012-2105 mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIsmanto, KuatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Produk Tabungan IB
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 22 Dec 2023 03:44
Last Modified: 22 Dec 2023 03:44
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6417

Actions (login required)

View Item View Item