Strategi bauran pemasaran pada produk simpanan idul fitri (SIFITRI) di KSU BMT NABAWI Kota Pekalongan

Zaki, Fahrul (2018) Strategi bauran pemasaran pada produk simpanan idul fitri (SIFITRI) di KSU BMT NABAWI Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
2012113107 FAHRUL ZAKI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (14MB)
[img] Text
2012113107 FAHRUL ZAKI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (28MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perkembangan BMT dapat dilihat dari jumlah nasabahnya, oleh karena itu diperlukan suatu strategi pemasaran dalam menarik minat nasabah. Begitu pula KSU BMT NABAWI Kota Pekalongan perlu strategi pemasaran untuk memasarkan produk-produknya khususnya produk simpanan idul fitri (SIFITRI) di KSU BMT NABAWI Kota Pekalongan yang mana peminatnya masih kurang. Berdasarkan hal tersebut, peneliti memandang penting untuk melakukan penelitian yang berjudul "Strategi Bauran Pemasaran Pada Produk Simpanan Idul Fitri di KSU BMT NABAWI Kota Pekalongan" Penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh KSU BMT NABAWI Kota Pekalongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang mencoba menganalisis produk SIFITRI dalam menambah jumlah nasabah. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta langsung dengan pihak KSU BMT NABAWI Kota Pekalongan dan diperoleh dari buku maupun dokumen lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Dalam penelitian ini, disimpulkan bahwa SIFITRI dalam operasionalnya menggunakan akad mudharabah mutlaqah. Strategi KSU BMT NABAWI Kota Pekalongan menggunakan penerapan strategi pemasaran 7P yang meliputi product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process. Namun dalam strategi pemasaranya tidak semua metode berjalan dengan lancer dan adapun yang menjadi kendala dalam opesional metode diantaranya adalah respon kurang baik masyarakat serta persaingan yang sangat ketat dengan lembaga keungan lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTamamudin, TamamudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Simpanan Idul Fitri
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 22 Dec 2023 03:58
Last Modified: 22 Dec 2023 03:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6418

Actions (login required)

View Item View Item