Pengembangan Digibook Teorema Pythagoras Berbasis 1st Flipbook Creator Pro untuk Mengeksplor Computational Thinking Peserta Didik Kelas VIII di Mts NU 01 Suradadi

Ar rosyidi, Ahmad Rizieq Labieb (2023) Pengembangan Digibook Teorema Pythagoras Berbasis 1st Flipbook Creator Pro untuk Mengeksplor Computational Thinking Peserta Didik Kelas VIII di Mts NU 01 Suradadi. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2619058_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2619058_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Teorema Pythagoras menjelaskan tentang ikatan jarak antar sisi sebuah segitiga siku-siku. Dalam kehidupan sehari-hari digunakan untuk menghitung jarak, luas, dan volume dari berbagai objek, serta berbagai problem yang bersifat matematis kompleks. Computational Thinking merupakan cara untuk mengartikan serta mengatasi persoalan yang rumit dengan menggunakan algoritma, pengenalan pola, abstraksi, dekonstruksi, dan prinsip ilmu komputer lainnya. Dalam kemampuan computational thinking ini, peserta didik diharapkan memiliki kemampuan berpikir analitis, kreatif, komunikasi, dan dapat bekerja sama. Penelitian ini merupakan penelitian R&D di mana produk baru dikembangkan dan kemudian diuji efektivitasnya.. Sampel yang digunakan ialah kelas VIII A. Pengumpulan data menggunakan angket, tes pre-test dan post-test berupa soal pilihan ganda, lembar validasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah validasi ahli, uji kepraktisan media pembelajaran dan uji keefektifan media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) digibook flipbook telah dianalisis oleh dua validator ahli media dan dua validator ahli materi, dengan hasil validasi sebesar 0,90 dan 0,86. Dapat disimpulkan bahwa digibook flipbook telah terbukti valid. (b) hasil kepraktisan media analisis data tingkat kepraktisan digibook flipbook memperoleh skor sebesar 0.86 dari segi penilaian Ahli Materi. Sedangkan pada analisis dari hasil praktik, digibook flipbook memperoleh respons positif dari guru dan siswa sebesar 88,5%. Karena kedua hasil analisis baik aspek teori maupun praktik memperoleh skor di atas >85%, maka digibook flipbook dinyatakan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. (c) hasil keefektifan media untuk menentukan efektivitas suatu media belajar, Berdasarkan hasil uji coba lapangan, digibook flipbook teorema pythagoras dan termasuk juga pengetahuan computational thinking menunjukkan peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa pada post-test sebesar 82%, dibandingkan dengan pre-test yang hanya mencapai 20%. Hasil ini membuktikan bahwa digibook flipbook efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi teorema pythagoras dan termasuk juga pengetahuan computational thinking.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHasanah, Fatmawati NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Digibook, Computational Thinking, Teorema Pythagoras, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 22 Dec 2023 09:27
Last Modified: 22 Dec 2023 09:27
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6432

Actions (login required)

View Item View Item