Metode pembelajaran Kitab Alfiyah Ibnu Malik di Pondok Pesantren Nurul Huda Banat Simbang Kulon Buaran Pekalongan

A’malina, Elina Ufi (2019) Metode pembelajaran Kitab Alfiyah Ibnu Malik di Pondok Pesantren Nurul Huda Banat Simbang Kulon Buaran Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I -V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Metode merupakan teknik pendidik di dalam menyajikan materi pelajaran ketika terjadi proses pembelajaran serta berdasarkan Pendekatan yang ditentukan. Penggunaan Metode yang tepat dalam pembelajaran dapat mempengaruhi pencapaian tujuan pembelajaran yang di inginkan. Pondok pesantren adalah salah satu institusi yang unik dengan ciri-ciri khas yang sangat kuat dan lekat terutama dalam pembelajarannya yang menggunakan kitab-kitab tradisional namun dikemas dengan metode sedemikian rupa agar membuat santri tetap giat belajar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Metode pembelajaran kitab Alfiyah Ibnu Malik kelas 3 Aliyah di Pondok Pesantren Nurul Huda Banat? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui Metode pembelajaran kitab Alfiyah Ibnu Malik di Pondok Pesantren Nurul Huda Banat Simbang Kulon Buaran Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini meununjukkan bahwa : Metode pembelajaran kitab Alfiyah Ibnu Malik di Pondok Pesantren Nurul Huda Banat sudah efektif dan berjalan dengan bagus, pembelajaran yang dilakukan 2 kali dalam seminggu, dengan 4 jam pelajaran dan 45 menit per jam pelajarannya. Adapun Metode yang di gunakan adalah Metode Qiyasiyah. Dimana pengajaran dititikberatkan pada penyajian kaidah, pembenaan hafalan kaidah itu atas pelajar, kemudian pemberian contoh-contoh untuk memperjelas maksud dari kaidah tersebut. Adapun tujuan pembelajaran kitab alfiyah di sini adalah Agar anak-anak bisa memahami tulisan-tulisan yang berbahasa Arab, anak-anak bisa membaca kitab kuning dengan baik dan benar, terutama nantinya ketika muwada’ah berlangsung dan untuk mempermudah memahami bait-bait Alfiyah Ibnu Malik. Media berupa alat bantu yang digunakan adalah papan tulis, kapur tulis, spidol, penghapus, kitab Alfiyah Ibnu Malik dan buku fotocopyan alumni

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJaeni, MuhamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode, Alfiyah Ibnu Malik, Pesantren
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Alghiffary
Date Deposited: 11 Jun 2020 06:50
Last Modified: 11 Jun 2020 06:50
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/645

Actions (login required)

View Item View Item