Implementasi Metode Resitasi dalam Pembelajaran bahasa Arab di MI NU Rowolaku Kajen Pekalongan

Azkiya, Naila Aflakhatul (2019) Implementasi Metode Resitasi dalam Pembelajaran bahasa Arab di MI NU Rowolaku Kajen Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I -V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Bahasa Arab telah lama berkembang di Indonesia, akan tetapi mempelajari bahasa Arab sampai sekarang tidak luput dari sebuah problem. Salah satu problemnya adalah penggunaan metode yang tidak sesuai saat proses pembelajaran berlangsung. Dari sekian banyak macam metode pembelajaran yang salah satunya yaitu metode resitasi yang merupakan cara menyajikan bahan pelajaran di mana guru memberikan sejumlah tugas terhadap peserta didik untuk mempelajari sesuatu yang kemudian mempertanggungjawabkannya. Metode ini diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab di MI NU Rowolaku Kajen Pekalongan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana Implementasi Metode Resitasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MI NU Rowolaku Kajen Pekalongan? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat Implementasi Metode Resitasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MI NU Rowolaku Kajen Pekalongan?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode resitasi dalam pembelajaran bahasa Arab dan mengetahuai faktor pendukung dan penghambat penggunaan metode resitasi dalam pembelajaran bahasa Arab di MI NU Rowolaku Kajen Pekalongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan selama pelajaran bahasa Arab berlangsung yaitu selama tiga jam pelajaran. Sedangkan wawancara dilakukan dengan empat subjek yang terdiri dari kepala sekolah, guru bahasa Arab dan siswa kelas IV. Dan dokumentasi yang di peroleh berupa sejarah MI NU Rowolaku Kajen, profil MI NU Rowolaku Kajen, profil guru dan karyawan serta data sarana prasarana MI NU Rowolaku Kajen Pekalongan. Adapun analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan langkah- langkah sebagai berikut: (1) Data reduction (reduksi data) (2) Data display (penyajian data) (3) Verification. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode resitasi dalam pembelajaran bahasa Arab di MI NU Rowolaku Kajen Pekalongan sudah dilaksanakan sesuai dengan langkah- langkah penerapan metode resitasi yaitu guru memberikan materi pelajaran yang kemudian siswa diberi tugas untuk dikerjakan lalu dipertanggungjawabkan hasil kerja siswa dalam bentuk tulisan maupun lisan. Adapun faktor pendukung dalam penerapan metode resitasi yaitu minat siswa yang tinggi dalam belajar bahasa Arab, adanya buku yang mendukung pembelajaran, dukungan orang tua, persiapan siswa sebelum pembelajaran serta terbiasanya siswa belajar bahasa Arab. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu adanya siswa yang pasif, kemampuan siswa yang lemah dan situasi kelas yang kurang kondusif

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBasith, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Resitasi, Pembelajaran bahasa Arab
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Alghiffary
Date Deposited: 12 Jun 2020 02:26
Last Modified: 12 Jun 2020 02:26
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/646

Actions (login required)

View Item View Item