Dakwah virtual di channel Youtube NU Online (studi analisis tayangan Suara Muslimah)

Jasmien, Maulida (2023) Dakwah virtual di channel Youtube NU Online (studi analisis tayangan Suara Muslimah). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3419031_Cover Bab I dan V.pdf

Download (919kB)
[img] Text
3419031_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Saat ini dakwah tidak hanya dilakukan secara langsung atau tatap muka, seiring perkembangan zaman dakwah mulai dilakukan secara virtual atau secara tidak langsung melalui berbagai media sosial. Namun, Seringkali pengguna media sosial mengambil atau menyimpulkan materi pada konten dakwah secara tidak utuh, sehingga pemahaman terhadap materi dakwah sering tidak selaras. Hal ini yang menjadi perhatian peneliti untuk melakukan penelitian dengan judul dakwah virtual di channel YouTube NU online (studi analisis tayangan suara muslimah). Peneliti melakukan penelitian pada tayangan suara muslimah di channel YouTube NU online. Adapun rumusan masalahnya, yakni: (1) Bagaimana nilainilai dakwah yang terdapat pada tayangan Suara Muslimah di Channel YouTube NU online? (2) Bagaimana motif masyarakat mengakses tayangan suara muslimah di Channel YouTube NU online? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis nilai-nilai dakwah yang terdapat pada tayangan suara muslimah dan (2) untuk mengetahui motif masyarakat sebagai pengguna media sosial dalam mengakses tayangan suara muslimah. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan menggunakan pendekatan teori uses and gratification yang dikemukakan oleh McQuail, serta menggunakan teknik analisi isi (content analysis) untuk menganalisis konten suara muslimah. Dalam proses mengumpulkan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara tidak langsung, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah sumber data primer berupa unggahan video pada tayangan suara muslimah dan hasil wawancara, serta sumber data sekunder berupa berbagai informasi mengenai tayangan tersebut. Adapun hasil penelitian ini yaitu (1) Unggahan pada tayangan suara muslimah yang mengandung pesan nilai akhlak terdapat 13 video, sedangkan unggahan yang mengandung nilai syariah terdapat 33 video, dan 29 video yang diunggah mengandung nilai akhlak. (2) motif masyarakat mengakses tayangan suara muslimah didominasi oleh motif untuk memperoleh informasi dengan nilai 67,5% dari 40 responden

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorQomariyah, QomariyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Dakwah, Dakwah Virtual, Media Sosial
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 04 Jan 2024 04:35
Last Modified: 06 May 2024 06:24
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6470

Actions (login required)

View Item View Item