Rahmawati, Silvi (2023) Eksperimentasi model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa pada materi statistika kelas VIII SMP N 2 Petarukan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2619052_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2619052_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Kurangnya minat belajar dan model pembelajaran yang kurang menarik menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Petarukan. Salah satu faktor penyebabnya karena metode belajar yang sulit dipahami siswa. Model pembelajaran problem solving merupakan model pembelajaran yang menggunakan permasalahan yang ada disekitar sebagai bahan pembelajaran yang berkaitan dengan materi statistika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana hasil belajar siswa kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional pada materi statistika siswa kelas VIII SMP N 2 Petarukan? 2)Bagaimana hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran problem solving pada materi statistika siswa kelas VIII SMP N 2 Petarukan? 3)Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional dengan yang menerapkan model pembelajaran problem solving pada materi statistika siswa kelas VIII SMP N 2 Petarukan? Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan menganalisis hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran problem solving serta mengetahui efektifitas model pembelajaran problem solving pada materi statistika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas VIII F dan VIII I. Pengumpulan data mengunakan instrumen soal pretest dan posttest sebanyak 5 soal. Analisis data yang digunakan yaitu uji keseimbangan, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (a) kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata posttest sebesar 68,55. (b) kelas yang menggunakan model pembelajaran problem solving memiliki rata-rata sebesar 86,97. (c) hasil hipotesis menggunakan uji independent sample T test memperoleh nilai signifikan yaitu 0,000 < 0,005 dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan hasil belajar antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen dan berdasarkan rata-rata kelas eksperimen 86,97 lebih besar dari pada rata-rata kelas kontrol 68,55. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar kelas kontrol. Diharapkan agar guru menggunakan model pembelajaran yang efektif seperti metode problem solving agar siswa dapat lebih memahami materi serta melatih siswa lebih aktif dan berfikir kritis dalam memecahkan suatu masalah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Eksperimentasi, Model Pembelajaran Problem Solving, Hasil Belajar Siswa, Statistika | ||||||||
Subjects: | 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | Rosi Rosi | ||||||||
Date Deposited: | 27 Dec 2023 03:27 | ||||||||
Last Modified: | 27 Dec 2023 03:27 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6475 |
Actions (login required)
View Item |