Implementasi evaluasi model Tyler dalam pembelajaran muhadatsah pada siswa kelas VIII MTs Syarif Hidayatullah Wonopringgo Pekalongan

Rosida, Erva (2019) Implementasi evaluasi model Tyler dalam pembelajaran muhadatsah pada siswa kelas VIII MTs Syarif Hidayatullah Wonopringgo Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I -V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Evaluasi mutlak dilakukan dan merupakan kewajiban bagi setiap guru dalam setiap saat melaksanakan kegiatan pembelajaran. Disebut demikian, karena menjadi salah satu tugas pokok guru selain mengajar, adalah melaksanakan kegiatan evaluasi. MTs Syarif Hidayatullah Wonopringgo merupakan salah satu MTs yang menggunakan evaluasi model Tyler dalam pembelajaran muhadatsah, siswa akan melaksanakan tes di awal pembelajaran dan setelah pembelajaran muhadatsah berlangsung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi evaluasi model Tyler dalam pembelajaran muhadatsah pada siswa kelas VIII MTs Syarif Hidayatullah Wonopringgo Pekalongan? dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi evaluasi model Tyler dalam pembelajaran muhadatsah pada siswa kelas VIII MTs Syarif Hidayatullah Wonopringgo Pekalongan? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi evaluasi model Tyler dalam pembelajaran muhadatsah pada siswa kelas VIII MTs Syarif Hidayatullah Wonopringgo Pekalongan dan untuk mendiskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi evaluasi model Tyler dalam pembelajaran muhadatsah pada siswa kelas VIII MTs Syarif Hidayatullah Wonopringgo Pekalongan. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah lapangan (field research). Sedangkan pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan metode deskriptifanalisis. Hasil dari penelitian implementasi evaluasi model Tyler dalam pembelajaran muhadatsah pada siswa kelas VIII MTs Syarif Hidayatullah Wonopringgo Pekalongan sudah baik dan hasil nilai siswa mengalami peningkatan antara sebelum dan sesudah pembelajaran. Siswa yang merasa nilainya masih kurang dalam pre-test akan lebih memperhatikan penjelasan guru untuk memperbaiki nilai post-testnya. Dibuktikan dengan rata-rata nilai pre-test siswa mencapai 83 dan hasil rata-rata nilai post-test 86. Adapun faktor pendukung evaluasi model Tyler dalam pembelajaran muhadatsah yaitu cukupnya waktu pembelajaran, kesiapan siswa sebelum pembelajaran, siswa terbiasa dengan bahasa Arab dan adanya buku yang mendukung pembelajaran sedangkan faktor penghambat evaluasi model Tyler dalam pembelajaran muhadatsah adalah Latar belakang siswa yang berbeda dan penentuan isim dhomir yang tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBasith, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Model Tyler, Pembelajaran Muhadatsah
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Alghiffary
Date Deposited: 12 Jun 2020 03:00
Last Modified: 12 Jun 2020 03:00
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/648

Actions (login required)

View Item View Item