Penerapan total quality service dalam meningkatkan pelayanan front office terhadap nasabah pada Kopsim NU Batang.

Refani, Dyas Levi (2018) Penerapan total quality service dalam meningkatkan pelayanan front office terhadap nasabah pada Kopsim NU Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
2012114020 DYAS LEVI REFANI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (8MB)
[img] Text
2012114020 DYAS LEVI REFANI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (18MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui standar pelayanan prima front office terhadap nasabah pada KOPSIM NU Batang dan untuk mengetahui penerapan Total Quality Service pada KOPSIM NU Batang dalam meningkatkan pelayanan front office terhadap nasabah. Jenis penelitian dalam Tugas Akhir ini adalah penelitian lapangan (field research) dan jenis pendekatannya menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh melalui sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data menggunakan metode interaktif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa standar pelayanan front office KOPSIM NU meliputi beberapa aspek, antara lain penampilan, etika komunikasi, dan juga fasilitas. Dalam penerapan Total Quality Service untuk meningkatkan pelayanan front office terhadap nasabah, KOPSIM NU menerapkan lima konsep dasar anatara lain: fokus pada pelanggan (customer service), keterlibatan total (total involvement), pengukuran, dukungan sistematis, dan perbaikan berkesinambungan. KOPSIM NU juga menggunakan tiga dimensi antara lain strategi, sistem, dan sumber daya manusia (SDM). Dari ketiga dimensi Total Quality Service tersebut hampir semua point telah dilaksanakan, namun ada satu point yang belum dapat dilaksanakan yaitu pada dimensi strategi dimana pemetaan dengan rangking prestasi kepada anggota pembiayaan dan simpanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorCaniago, Siti AminahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Total Quality Service, Front Office.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 28 Dec 2023 03:13
Last Modified: 28 Dec 2023 03:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6506

Actions (login required)

View Item View Item