Pengaruh penerapan model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap kemampuan penalaran dan kemampuan numerasi matematis siswa SMK Muhammadiyah Bligo

Kurniasih, Fitri (2023) Pengaruh penerapan model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap kemampuan penalaran dan kemampuan numerasi matematis siswa SMK Muhammadiyah Bligo. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2619006_Bab I dan Bab V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2619006_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran matematika di kelas pada kenyataannya belum dilaksanakan secara efektif dengan berbagai faktor, diantaranya kurangnya penguasaan model,strategi,pendekatan oleh guru dalam kelas, anggapan siswa mengenai matematika, dan rendahnya kemampuan matematika siswa. Kemampuan matematika yang harus dikuasai siswa adalah kemampuan penalaran dan kemampuan numerasi, kedua kemampuan tersebut menjadi dasar dalam belajar matematika secara lebih mendalam. Dalam meningkatkan kemampuan tersebut maka harus dilaksanakan pembelajaran dengan baik salah satunya menggunakan model pembelajaran seperti model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) adakah pengaruh penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMK Muhammadiyah Bligo, 2) adakah pengaruh penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan numerasi matematis siswa SMK Muhammadiyah Bligo, 3) adakah pengaruh penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) secara simultan terhadap kemampuan penalaran dan kemampuan numerasi matematis siswa SMK Muhammadiyah Bligo. Adapun Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh model CIRC terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, untuk mengetahui pengaruh model CIRC terhadap kemampuan numerasi matematis siswa, dan untuk mengetahui pengaruh model CIRC terhadap kemampuan penalaran dan kemampuan numerasi matematis siswa SMK Muhammadiyah Bligo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen semu dengan nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan adalah kelas X TKJ 2 dan X TKJ 3 dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model CIRC terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMK Muhammadiyah Bligo dengan nilai F sebesar 73.145 dan nilai signifikansi 0,000, terdapat pengaruh model CIRC terhadap kemampuan numerasi matematis siswa SMK Muhammadiyah Bligo dengan nilai F sebesar 119.441, signifikansi 0,000 dan terdapat pengaruh model CIRC terhadap kemampuan penalaran dan kemampuan numerasi matematis secara simultan dengan hasil pada uji MANOVA F sebesar 84.679 dan nilai signifikansi 0,000.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHasanah, Fatmawati NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), kemampuan penalaran, kemampuan numerasi
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 28 Dec 2023 03:14
Last Modified: 28 Dec 2023 03:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6510

Actions (login required)

View Item View Item