Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Science Technology Enginering and Mathemaics (STEM) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VII MTS YMI Wonopringgo

Risqo, Ambid Lana (2023) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Science Technology Enginering and Mathemaics (STEM) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VII MTS YMI Wonopringgo. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2618049_Bab I dan Bab V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2618049_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Lembar Kerja Siswa (LKS) berperan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Penyusunan LKS yang tepat dan sesuai kurikulum diharapkan dapat membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran, sehingga kegiatan pengembangan LKS sangat diperlukan dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi, bagaimana pengembangan LKS danapakah LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa LKS berbasis Science Technology Enginering and Mathemaics (STEM) pada materi bangun ruang sisi datar dengan sub bab materi balok yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif serta dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Kegunaan penelitian ini ialah sebagai bahan ajar alternatif dalam proses pembelajaran di kelas untuk mendorong siswa menjadi lebih aktif, mandiri dan dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4D yakni tahap define, design, develop, disseminate. Tim validator terdiri dari ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Keefektifan lembar kerja siswa diimplementasikan pada 39 siswa kelas VIII C MTS YMI Wonopringgo. Instrumen penelitian ini adalah angket dan test. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (a) LKS yang dikembangkan berkategori sangat valid dengan presentase 87,70% dari ahli materi, 80,67% dari ahli media, dan 89,23% dari ahli bahasa; (b) LKS yang telah dikembangkan berkategori praktis berdasarkan hasil angket respon guru dengan persentase 75% dan 79,26% dari angket respon siswa; (c) Dari hasil tes kemampuan literasi matematika, tampak bahwa siswa yang tuntas adalah 82,05% dengan kategori sangat baik. Selanjutnya, hasil produk penelitian ini diharapkan dapat digunakan guru dalam pembelajaran. Penekanan pada setiap kegiatan LKS dapat menjadikan peningkatan kemampuan literasi matematika siswa lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDewi, Heni LiliaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa, Science Technology Enginering and Mathemaics, Kemampuan Literasi Matematika
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 28 Dec 2023 05:15
Last Modified: 28 Dec 2023 05:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6523

Actions (login required)

View Item View Item