Peran guru dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan pada siswa kelas I dan II SD N 01 Depok Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan

Ayunda, Sabrina Sekar (2023) Peran guru dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan pada siswa kelas I dan II SD N 01 Depok Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2319176 SABRINA SEKAR AYUNDA BAB I-V.pdf

Download (6MB)
[img] Text (Thesis)
2319176 SABRINA SEKAR AYUNDA FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya kemampuan membaca menulis permulaan siswa kelas rendah, hal tersebut disebabkan karena ketika naik ke kelas II banyak dari mereka yang membaca masih terbata-bata dan bahkan sama sekali belum bisa membaca selain itu, beberapa siswa masih kesulitan dalam menuliskan huruf yang mirip dan terkadang terbalik dalam menuliskan huruf. Berdasarkan faktor tersebut penelitian ini ditujukan untuk mendiskripsikan peran guru dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca menulis permulaan di kelas I dan II, agar kemampuan siswa meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1). Bagaimana peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan pada siswa kelas I dan II di SD N 01 Depok?, (2). Apa faktor pendukung dan penghambat guru dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan pada siswa kelas I dan II di SD N 01 Depok?. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1). Untuk mengetahui peran guru dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan di SD N 01 Depok pada siswa kelas I dan II. Dan (2). Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan di SD N 01 Depok pada siswa kelas I dan II. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif denga mengambil latar di SD N 01 Depok Kecamatan Siwalan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui model Miles and Huberman dengan cara mereduksi data, display data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa peran guru dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca menulis permulaan di kelas I dan II yaitu guru sebagai pembimbing dengan menyediakan waktu khusus, guru sebagai Fasilitator dengan menerapkan kunjungan wajib ke perpustakaan, dan pojok baca, guru sebagai motivator dengan memberikan motivasi dan reward kepada siswa, guru sebagai pengajar dengan metode pembelajaran yang diterapkan, dan guru sebagai mediator dengan penggunaan media pembelajaran.. Faktor pendukung guru dalam upaya meningktkan kemampuan membaca menulis permulaan siswa kelas I dan II yaitu faktor minat yang dimiliki siswa, faktor reward, kegiatan literasi, dan faktor lingkungan keluarga. Sedangkan faktor penghambat guru dalam upaya meningktkan kemampuan membaca menulis permulaan siswa kelas I dan II yaitu budaya membaca rendah, dan kurangnya fasilitas

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHardini, IsrianiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran guru, upaya guru, kemampuan membaca menulis permulaan, siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 28 Dec 2023 06:21
Last Modified: 28 Dec 2023 06:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6526

Actions (login required)

View Item View Item