Evalufita, Sufi (2014) Pelaksanaan kurikulum integral di PAUD Yaa Bunayya Batang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.
Text
2021210121 SUFI EVALUFITA BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (15MB) |
|
Text
2021210121 SUFI EVALUFITA BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (5MB) |
Abstract
Pendidikan anak usia dini PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan ruhani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, non formal dan informal. Salah satu kurikulum yang dimiliki oleh PAUD adalah kurikulum integral, yakni sebuah struktur kurikulum yang terdiri dari tiga komponen pendidikan yang sekaligus menjadi karakteristik khas, yakni aspek agama, ilmu umum, dan ilmu keterampilan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana desain kurikulum integral di PAUD Yaa Bunayya Batang? Bagaimana penerapan kurikulum integral di PAUD Yaa Bunayya Ba.tang? Apa faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan kurikulum integral di PAUD Yaa Bunayya Batang?. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Konsep kurikulum integral di PAUD Yaa Bunayya Batang yakni memiliki 10 (sepuluh) kegiatan kurikulum integral antara lain: MOS Siswa, Eksplorasi Air, Ramadhan Ceria dan Buka Bersama, Jambore Anak Sholeh, Out door activity, Manasik haji, Bakti Sosial, Out bond Rekreasi, Makan Sehat dan PHBI. Kedua, Penerapan kurikulum integral di PAUD Yaa Bunayya Batang tidak mengalami kendala dan dapat dilakukan atau diikuti dengan baik, hal ini dapat dilihat dari perencanaan kurikulum integral di PAUD Yaa Bunayya Batang yang terdiri dari Satuan Kegiatan Harian (SKH) dan Satuan Kegiatan Minggu (SKM), menyusun kriteria ketuntasan minimal (KKM). Ketiga, Faktor yang rnempengaruhi penerapan kurikulum integral di PAUD Yaa Bunayya Batang ada 2 (dua) macam yakni faktor internal (dari dalam siswa) antara lain: siswa yang malas dan lebih memilih untuk bercanda dengan ternan-temannya, tingkat kecerdasan dan pemahaman anak yang berbeda-beda serta adanya sikap malu dan rasa enggan dari anak. Sedangkan faktor eksternal (dari luar siswa) antara lain: watak atau tabiat dan kepribadian guru yang bcrbeda-beda, kurangnya komunikasi dan kerjasama antara guru dan wali siswa, sarana dan prasarana yang memadai untuk belajar di PAUD Yaa Bunayya Batang, dan kurangnya dana kegiatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | kurikulum integral, PAUD | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Rosi Rosi | ||||||||
Date Deposited: | 08 Jan 2024 03:44 | ||||||||
Last Modified: | 08 Jan 2024 03:44 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6636 |
Actions (login required)
View Item |