Pelaksanaan pembelajaran Al-Quran di Pondok Pesantren Darul Ulum Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Pekalongan

Mar'ah, Khoerul (2016) Pelaksanaan pembelajaran Al-Quran di Pondok Pesantren Darul Ulum Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021112022 KHOERUL MAR_AH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (26MB)
[img] Text
2021112022 KHOERUL MAR_AH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (16MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini bahwa belajar al-Qur'an sangat penting bagi santri warga bina untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan mendapat ketenangan jiwa dalam menjalani hukuman, sedangkan santri Pondok Pesantren Daarul Uluum merupakan santri warga binaan yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya, baik dari segi usia maupun kemampuan dasar dalam membaca al-Qur'an sehingga untuk mencapai keberhasilan dalam pembelajaran yaitu tercapainya tujuan pembelajaran pengajar atau ustadz harus menggunakan metode yang khusus. Metode dalam pembelajarannya adalah menggunakan metode ceramah, metode drill dan lain sebagainya dalam suatu model pembelajaran sorogan, sedangkan Metode dalam belajar al-Qur'an adalah Iqro'. Rumusan masalah yang diungkap adalah Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al-Quran di Pondok Pesantren Darul Ulum Lembaga Pemasyarakatan (LP) Klas II A Pekalongan? Apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran Al-Quran di Pondok Pesantren Darul Ulum Lembaga Pemasyarakatan (LP) Klas II A Pekalongan, serta bagaimana upaya dalam mengatasi faktor penghambatnya? Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran al-Qur 'an sudah berjalan baik dengan menggabungkan berbagai metode pembelajaran seperti metode ceramah, metode tanya jawab, metode drill, metode hafalan, metode demonstrasi dan metode resitasi dalam menyesuaikan keadaan santri. Namun tingkat keberhasilan yang dicapai dalam pembelajaran al-Qur'an belum maksimal karena belum adanya rencana pembelajaran dan evaluasi hasil pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaulida, ChusnaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Al-Quran
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 09 Jan 2024 04:29
Last Modified: 09 Jan 2024 04:29
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6662

Actions (login required)

View Item View Item