Problematika pembelajaran bahasa arab di mi nurul hikmah gapura kecamatan watukumpul kabupaten pemalang

Nafifah, Rifa Nindi Nur (2023) Problematika pembelajaran bahasa arab di mi nurul hikmah gapura kecamatan watukumpul kabupaten pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2318100_RIFA NINDI NUR HAFIFAH BAB I-V.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Thesis)
2318100_RIFA NINDI NUR HAFIFAH FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh wawancara peneliti dengan guru, bahwa mata pelajaran yang dianggap kesulitan di MI Nurul Hikmah Gapura yaitu bahasa Arab. Guru mengungkapkan bahwa anak-anak merasa kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal mata pelajaran bahasa Arab, dan siswa juga kesulitan dalam menguasai pelajaran Bahasa Arab seperti kesulitan dalam membaca, menulis, berbicara serta kurang menguasai kosa kata (mufrodhat) sehingga siswa merasa kesulitan untuk mengartikan sebuah kalimat atau merangkai sebuah kalimat sederhana. Dalam penelitian ini, peneliti merumuskan maasalah sebagai berikut: (1) Bagaimana problematika pembelajaran bahasa Arab di MI Nurul Hikmah Gapura Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang? (2) Bagaimana upaya dalam mengatasi Problematika pembelajaran bahaasa Arab di MI Nurul Hikmah Gapura Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang? Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran bahasa Arab di MI Nurul Hikmah Gapura Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang, (2) untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan dalam mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab di MI Nurul Hikmah Gapura Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang. Metode penelitian pada penilitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti mengambil dua sumber data yaitu sumber data primer dan data sekunder. Data primer diambil dari hasil wawancara dan observasi sedangkan data sekunder diambil dari dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) problematika pembelajaran bahasa Arab yang terdapat di MI Nurul Hikmah Gapura terbagi menjadi dua yaitu problem linguistik meliputi problem kosa kata, tata bunyi dan tulisan dan problem non linguistik meliputi problem dari pendidik, peserta didik, metode serta media dan sarana prasarana. (2) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran bahasa Arab di MI Nurul Hikmah Gapura terbagi menjadi dua yaitu upaya yang dilakukan guru diantaranya: Menumbuhkan motivasi peserta didik, membuat suasana kelas yang menyenangkan, pendidik mewajibkan peserta didik untuk menghafal kosa kata di setiap pembelajaran bahasa Arab, pendidik selalu siap memberi bimbingan kepada peserta didik yang menghadapi kesulitan dalam belajar bahasa Arab . Sedangkan upaya yang dilakukan peserta didik diantaranya aitu: selalu berusaha bertanya kepada guru, teman, apabila mengalami kesulitan, selalu belajar dan menghafal kosa kata bahasa Arab, selalu mempraktikkan dan mengulang-ulang kosa kata yang telah di hafal agar tidak di lupa

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBurhan, AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problematika, pembelajaran, bahasa arab
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 09 Jan 2024 08:36
Last Modified: 09 Jan 2024 08:36
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6672

Actions (login required)

View Item View Item