Islamiyah, Ifada (2023) Penerapan metode pembelajaran joyfull learning berbantuan ice breaking sebagai upaya mengatasi kejenuhan belajar siswa. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
231947_COVER_BAB I DAN BAB V.PDF Download (1MB) |
|
Text
2319147_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Pada sekarang ini, kegiatan belajar mengajar haruslah bersifat menyenangkan bagi siswa. Hal ini dimaksudkan agar para siswa menjadi lebih tertarik untuk belajar. Karena pada praktiknya, banyak siswa yang menganggap belajar adalah hal yang membosankan dan berat untuk dilakukan. Untuk mengatasi hal ini, seorang guru sangatlah berperan agar pandai-pandai memilih sebuah metode pembelajaran yang nantinya akan digunakan dalam sebuah kelas. Metode pembelajaran adalah salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan sebuah proses pembelajaran dalam sebuah kelas. Metode pembelajaran adalah sebuah upaya yang digunakan seorang guru dalam membimbing maupun menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa di dalam maupun di luar kelas, supaya dapat dipahami, dikuasai, serta digunakan oleh siswa, karena semakin baik metode pembelajaran yang digunakan maka semakin baik pula hasil yang akan diterima. Sebagai contohnya metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah metode pembelajaran joyfull learning berbantuan ice breaking. Adapun tujuan dari penelitian ini (1) untuk menguraikan secara jelas terkait penerapan metode pembelajaran joyfull learning berbantuan ice breaking sebagai upaya mengatasi kejenuhan belajar siswa; (2) untuk menjelaskan kelebihan dan kelemahan penerapan metode pembelajaran joyfull learning berbantuan ice breaking sebagai upaya mengatasi kejenuhan belajar siswa. Jenis penelitian dalam skripsi ini berupa penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan adalah observasi, wawancara serta dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan metode pembelajaran joyfull learning berbantuan ice breaking sebagai upaya mengatasi kejenuhan belajar siswa di kelas IV MIS Kauman Wiradesa sudah berjalan efektif dan mampu membantu mengatasi kejenuhan belajar siswa, karena pada dasarnya metode pembelajaran ini merupakan metode pembelajaran yang menyenangkan serta mampu membuat siswa menjadi rileks, santai sekaligus nyaman untuk mengikuti pembelajaran. Adapun kelebihan dari metode pembelajaran joyfull learning berbantuan ice breaking yaitu (1) pembelajaran menjadi lebih rileks; (2) siswa tidak mengalami stress; (3) menghilangkan kejenuhan belajar siswa; dan (4) waktu pembelajaran terasa lebih cepat. Sedangkan kelemahannya yaitu (1) kelas sulit dikendalikan; (2) mengganggu kelas sebelah; dan (3) guru dituntut memiliki kreativitas yang tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran, joyfull learning, ice breaking, kejenuhan belajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2024 03:15 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2024 03:36 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6697 |
Actions (login required)
View Item |