Khairunnisa, Khairunnisa (2016) Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Syair Tombo Ati. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.
Text
2021112081 KHAIRUNNISA BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (26MB) |
|
Text
2021112081 KHAIRUNNISA BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (8MB) |
Abstract
Proses pendidikan merupakan upaya mengembangkan dan mengaktualisasikan peserta didik dengan maksimal sesuai bakat dan minat anak baik secara formal maupun non formal. Pendidikan melalui syair-syair dalam bentuk puisi dan lagu kini tampak lebih mudah diterima oleh pendengarnya. Bahkan tidak jarang pemutaran berulangkali kerap dilakukan untuk lagu dan puisi-puisi yang dianggap enak untuk dinikmati lagi menyentuh isinya. Dari sinilah penggunaan syair ataupun lagu-lagu dengan isi nilai-nilai pendidikan Islam perlu untuk mempermudah dalam proses pendidikan. Salah satunya melalui keindahan syair tombo ati yang memiliki nilai-nilai pendidikan Islam yang dapat diambil hikmahnya dan sebagai media penyebaran nilai-nilai pendidikan Islam. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perbedaan urutan bait syair tombo ati pada zaman Ibnu Al Jauzi dan sesudahnya dan bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam dalam syair tombo ati. Tujuan Penelitiannya adalah untuk mengetahui perbedaan urutan bait syair tombo ati pada zaman lbnu Al-Jauzi dan sesudahnya dan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan islam dalam syair tombo ati. Kegunaan dari hasil penelitian ini diharapkan menumbuhkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam syair tombo ati yang baik bagi diri sendiri khususnya dan bagi khalayak pada umumnya. Jenis penelitian ini adalah kepustakaan (library research), karena data-data yang diperoleh merupakan data yang tertulis berupa kitab, buku, jurnal, majalah, artikel, kaset, internet atau bahan tertulis lainnya. Sumber data primer yang digunakan berupa kitab Shifatus Shafwah dan untuk sumber sekunder menggunakan buku-buku, kaset, jurnal, maupun artikel. Kemudian setelah itu dilakukan analisis deskriptif kualitatif dari syair tombo ati yang dianalisis, adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam syair tombo ati terdapat nilai-nilai pendidikan Islam diantaranya, nilai pendidikan ibadah dan akhlak yaitu mencintai ilmu, tawakkal, beriman dan bertaqwa, disiplin waktu, meneladani Rasulullah, ikhlas, semangat persaudaraan, sikap hormat, amal sholeh, sabar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Nilai-nilai Pendidikan Islam, Syair Tombo Ati | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Rosi Rosi | ||||||||
Date Deposited: | 10 Jan 2024 09:16 | ||||||||
Last Modified: | 10 Jan 2024 09:16 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6698 |
Actions (login required)
View Item |