Implementasi Kegiatan BINARI (Bina’an Sehari) Ipnu-Ippnu Dalam Menguatkan Akidah Ahlussunnah Waljama’ah Siswa Kelas VI MINU Rowolaku

Shodikun, Ahmad (2022) Implementasi Kegiatan BINARI (Bina’an Sehari) Ipnu-Ippnu Dalam Menguatkan Akidah Ahlussunnah Waljama’ah Siswa Kelas VI MINU Rowolaku. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2318158_AHMAD SHODIKUN BAB I-V.pdf

Download (10MB)
[img] Text (Thesis)
2318158_AHMAD SHODIKUN FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Siswa sekolah dasar pada umumnya sudah bermain sosial media, banyak anak – anak yang sudah hampir terpengaruh oleh media sosial, sehingga banyak meninggalkan kegiatan positif yang seharusnya dipelajari dan diikuti sebagai warga nahdliyin mulai usia dini, maka dari itu perlu sebuah kegiatan yang bersifat pengkaderan untuk mencegah dampak negatif dari sosial media serta menjadi pribadi yang kuat dalam berakidah. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan ilmplementasi kegiatan BINARI (Binaan Sehari) IPNU-IPPNU dalam menguatkan akidah ASWAJA siswa kelas VI MINU Rowolaku, (2) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan kegiatan BINARI (Binaan Sehari) IPNU-IPPNU dalam menguatkan akidah ASWAJA siswa kelas VI MINU Rowolaku. Penelitian ini tergolong dalam penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan proses implementasi kegiatan BINARI (Binaan Sehari) IPNU-IPPNU dalam menguatkan Akidah ASWAJA siswa kelas VI MINU Rowolaku. Berdasarkan hasil penelitian, IPNU-IPPNU sudah melaksanakan kegiatan BINARI dalam mengatkan akidah ASWAJA siswa kelas VI di MINU Rowolaku melalui empat tahap yaitu: 1) Perencanaan, meliputi: konsultasi dan koordinasi kepala madrasah, ketua IPNU-IPPNU, para pembina IPNU-IPPNU, kemudian persiapan fasilitas kegiatan, sosialisasi peserta BINARI, pengumpulan dana, ceking akhir 2) Pengorganisasian, meliputi pembagian tupoksi semua kepanitiaan sesuai fungsi dan peranannya, 3) Pelaksanaan, meliputi proses kegiatan BINARI. 4) Pengontrolan, meliputi proses evaluasi dan briving terhadap kegiatan BINARI. Pelaksanaan kegiatan BINARI IPNU-IPPNU dalam menguatkan akidah ASWAJA siswa kelas VI MINU Rowolaku terdapat faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung kegiatan BINARI berasal dari BANOM NU, pembina IPNU-IPPNU, dan toko masyarakat, sedangkan faktor penghambat kegiatan BINARI terdapat pada sarana dan prasarana dan jumlah peserta yang kurang maksimal

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNurkhamidi, ArisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, pengorgnisasian, pelaksanaan, pengontrolan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 11 Jan 2024 06:54
Last Modified: 11 Jan 2024 06:54
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6699

Actions (login required)

View Item View Item