Pengaruh promosi penjualan, atmosfer toko, dan kualitas layanan terhadap impulse buying (studi kasus pada konsumen Nafasa Medono Kota Pekalongan)

Sulistioningsih, Heni (2018) Pengaruh promosi penjualan, atmosfer toko, dan kualitas layanan terhadap impulse buying (studi kasus pada konsumen Nafasa Medono Kota Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Melihat semakin banyaknya pesaing yang semakin kompetitif, para pelaku bisnis harus pandai dalam mengambil hati konsumen. Tidak semua konsumen mendatangi toko memiliki tujuan untuk membeli produk. Beberapa dari mereka melakukan kunjungan untuk melihat koleksi produk yang tersedia di toko tanpa ada niatan untuk membeli. Hal tersebut menjadi sebuah tantangan bagi para pelaku bisnis untuk dapat mempengaruhi calon konsumen agar melakukan pembelian spontan atas produk yang mereka jual. Terdapat beberapa faktor yang memungkinkan pengunjung toko untuk melakukan pembelian spontan tersebut, diantaranya yaitu promosi penjualan yang dilakukan, atmosfer toko, dan kualitas layanan. Penelitian ini mengenai pengaruh promosi penjualan, atmosfer toko, dan kualitas layanan terhadap impulse buying dilakukan pada Toko Nafasa yang terletak di Medono Kota Pekalongan. Sampel penelitian ini adalah konsumen Nafasa Medono Kota Pekalongan yang berjumlah 40 orang dengan menggunakan teori Roscoe. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan analisis regresi linier berganda. Uji hipotesis yaitu uji t (parsial) dan uji f (simultan) serta koefisien determinasi (R). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel promosi penjualan, atmosfer toko, dan kualitas layanan secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap variabel impulse buying. Hal ini terbukti dari hasil uji t pada promosi penjualan (X1) dengan nilai t hitung 2,115 > t tabel 2,028, atmosfer toko (X2) dengan nilai t hitung 3,174 > t tabel 2,028, dan kualitas layanan dengan nilai t hitung 4,469 > t tabel 2,028. Sedangkan hasil uji f diperoleh nilai f hitung sebesar 30,421 > f tabel 2,87.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRosyid, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Promosi Penjualan, Atmosfer Toko, Kualitas Layanan, Impulse Buying, Nafasa Medono
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Nuzulul Nuzulul
Date Deposited: 27 Apr 2020 04:25
Last Modified: 27 Apr 2020 04:25
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/67

Actions (login required)

View Item View Item