Pembinaan guru dalam implementasi program pengembangan keprofesian berkelanjutan di RA Muslimat NU Waru Lor Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan

Hasanah, Uswatun (2018) Pembinaan guru dalam implementasi program pengembangan keprofesian berkelanjutan di RA Muslimat NU Waru Lor Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Masters thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Upaya pembinaan guru pada hakikatnya merupakan upaya dilakukan oleh setiap lembaga pendidikan baik tingkat dasar maupun tingkat tinggi, sebab dengan pembinaan tersebut diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di lembaga pendidikan tersebut. Pembinaan guru merupakan implementasi dari program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dengan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Program tersbut dilakukan di RA Muslimat NU Warulor Wiradesa untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dirumuskan masalah yaitu 1) Bagaimanakah perencanaan pembinaan guru dalam implementasi program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di RA Muslimat Warulor Wiradesa Pekalongan? 2) Bagaimanakah pelaksanaan pembinaan guru dalam implementasi program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di RA Muslimat Warulor Wiradesa Pekalongan? 3) Bagaimanakah evaluasi pelaksanaan pembinaan guru dalam implementasi program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di RA Muslimat Warulor Wiradesa Pekalongan?. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis perencanaan pembinaan guru dalam implementasi program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di RA Muslimat Warulor Wiradesa. 2) menganalisis pelaksanaan pembinaan guru dalam implementasi program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di RA Muslimat Warulor Wiradesa, 3) menganalisis evaluasi pelaksanaan pembinaan guru dalam implementasi program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di RA Muslimat Warulor Wiradesa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dan pengujian keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan trianggulasi data. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa upaya pembinaan guru dalam implementasi program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di RAM Waru Lor melalui program supervisi, pembinaan, KKG, pelatihan, bintek (bimbingan teknis) dan juga pelatihan mandiri. Teacher Guidance Efforts is efforts was did by every education organization, elementry grade althougt hight grade, because with this guidance will be hope can to increas a education quality at the this organization. Teacher Guidance is realization from Continuing Proessional Development Program, with trought some step here are planning, action and evaluation. This program is did at the RA Muslimat NU Warulor Wiradesa Pekalongan to get maximal product. Based on the above background, then formulated the 1) how is planing of teacher guidance in the Continuing Professional Development programs at the RA Muslimat NU Warulor Wiradesa Pekalongan?, 2) how is action of teacher guidance in the Continuing Professional Development programs at the RA Muslimat NU Warulor Wiradesa Pekalongan?, 3) how is evaluation of teacher guidance in the Continuing Professional Development programs at the RA Muslimat NU Warulor Wiradesa Pekalongan?. Purposes of this researh are 1) to analysis planing of teacher guidance in the Continuing Professional Development programs at the RA Muslimat NU Warulor Wiradesa Pekalongan, 2) to analysis action of teacher guidance in the Continuing Professional Development programs at the RA Muslimat NU Warulor Wiradesa Pekalongan, 3) analysis evaluation of teacher guidance in the Continuing Professional Development programs at the RA Muslimat NU Warulor Wiradesa Pekalongan. This research is a type of field research using qualitative approach. The method use is interview, observation and documentation. Further data obtained were analyzed using qualitative descriptive analysis, and testing the validity of data in this study was done with trianggulation. From this research it can be conclude that efforts of teacher guidance in the Continuing Professional Development Programs at the RA Muslimat NU Warulor Wiradesa Pekalongan trought supervition program, construction, KKG, training, tecnich guidance, and individual training.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Guru, Teacher Guidance, Continuing Professional Development
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 12 Jun 2020 06:44
Last Modified: 12 Jun 2020 06:44
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/670

Actions (login required)

View Item View Item