Implementasi Pemasaran Digital Syariah Pada Usaha Menengah (Studi Kasus Warung Makan Pecak Belut Bu Niti Desa Tegalmlati Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang)

Awwaliyah, Via Syifaul (2024) Implementasi Pemasaran Digital Syariah Pada Usaha Menengah (Studi Kasus Warung Makan Pecak Belut Bu Niti Desa Tegalmlati Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4119162_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (928kB)
[img] Text
4119162_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK VIA SYIFAUL AWWALIYAH, Implementasi Sharia Digital Marketing Pada Usaha Menengah (Studi Kasus Warung Makan Pecak Belut Bu Niti Desa Tegalmlati Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang) Digital marketing merupakan kegiatan pemasaran yang menggunakan berbagai media untuk suatu bisnis. Digital Marketing dalam penerapannya tidak akan asing dengan yang namanya marketing mix atau biasa disebut bauran pemasaran. Bauran pemasaran adalah seperangkat alat yang digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran. Secara umum, bauran pemasaran berfokus pada interpretasi strategi yang menggabungkan product, price, promotion dan place. Ada 3P tambahan yang melengkapi strategi pemasaran yaitu people, process, dan phsycal evidence yang membentuk 7P bauran pemasaran. Ketujuh P ini harus dikombinasikan agar sesuai dengan kondisi pertumbuhan tanaman. Kombinasi sebenarnya yang digunakan akan bergantung pada keahlian tim pemasaran dengan mempertimbangkan bahan mentah, manajer, dan pengalaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana digital marketing diterapkan melalui pemasaran 7p tersebut pada Warung Makan Pecak Belut Bu Niti Desa Tegalmlati Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan riset di lapangan untuk memperoleh data primer dari wawancara oleh narasumber. Dalam hal ini subjek dari penelitian ini adalah pemilik pecak belut yaitu bu Casniti, Lestari sebagai asisten dan sekaligus yang mengatur pemasaran dan promosi pecak belut dan bu Sri sebagai kepala dapur lalu di tambah narasumber pembeli pada Warung Makan Pecak Belut Bu Niti. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain reduksi data penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Warung Makan Pecak Belut Bu Niti menerapkan bauran pemasaran digital 7p, yang mana semuanya telah sesuai dengan etika bisnis islam, selain itu Warung Makan Pecak Belut Bu Niti juga menerapkan karakteristik pemasaran syariah yaitu ketuhanan, akhlaqiyyah, realistis dan humanistis.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorA'yun, QurrotaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing, Marketing Mix 7P, Syariah Marketing
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 12 Jan 2024 08:52
Last Modified: 12 Jan 2024 08:52
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6714

Actions (login required)

View Item View Item