Upaya kepala sekolah dalam membentuk budaya Sekolah yang religius Di SD Muhammadiyah 03 Panjunan Petarukan Pemalang

NURUL AMIN, MUCHAMMAD (2014) Upaya kepala sekolah dalam membentuk budaya Sekolah yang religius Di SD Muhammadiyah 03 Panjunan Petarukan Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021110383 MUCHAMMAD NURUL AMIN BAB 1 - V .PDF

Download (5MB)
[img] Text
2021110383 MUCHAMMAD NURUL AMIN BAB 1 - V FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Amin, Muchammad Nurul. 2021110383. 2014. Upaya Kepala Sekolah dalam Membentuk Budaya Sekolah yang Religius di SD Muhammadiyah 03 Panjunan Petarukan Pemalang, Skripsi Jurusan Tarbiyah Pendidikan Agama Islam, STAIN Pekalongan, Pembimbing: Dr. H. Imam Suraji, M. Ag. Kata Kunci : Kepala Sekolah dan Budaya yang Religius di Sekolah Kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. SD Muhammadiyah 03 Panjunan merupakan lembaga pendidikan yang memberi pendidikan plus kepada para siswa. Di sekolah ini tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan umum saja, tapi juga memberi pemahaman dan bimbingan agama Islam cukup banyak. Budaya yang religius di sekolah adalah sekumpulan nilai-nilai agama yang melandasi perilaku, tradisi yang dipraktikkan oleh kepala sekolah, guru, petugas, peserta didik, dan warga sekolah. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini meliputi: bagaimana budaya sekolah yang religius, apa saja bentuk kegiatan yang diupayakan kepala sekolah dalam membentuk budaya sekolah yang religius, apa faktor pendukung dan penghambat upaya kepala sekolah dalam membentuk budaya sekolah yang religius. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang budaya sekolah yang religius, untuk mendiskripsikan bentuk kegiatan yang diupayakan kepala sekolah dalam membentuk budaya sekolah yang religius, untuk mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat upaya kepala sekolah dalam membentuk budaya sekolah yang religius. Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), pendekatan penelitiannya yakni pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini bahwa budaya sekolah yang religius di SD Muhammadiyah 03 Panjunan sudah baik. Hal ini bisa dilihat dari kegiatan kegamaan yang bersifat ubudiyah serta keadaan situasi dan kondisi di depan sekolah dan di sampingnya ada sarana dan prasarana mendukung dalam kegiatan rutinitas sekolah. Bentuk kegiatan yang diupayakan kepala sekolah dalam membentuk budaya sekolah yang religius di SD Muhammadiyah 03 Panjunan dapat dilihat dari beberapa kegiatan-kegiatan keagamaannya sebagai berikut: a) berdoa di halaman sebelum masuk kelas, b) mengaji Al-Qur'an, c) shalat dhuha berjamaah, d) shalat dhuhur berjamaah, e) pildacil, f) hafalan asmaul husna, jumat bersih, infaq, shalat jumat, dan kajian kitab, k) kegiatan-kegiatan PLUS SANLAT dan MABIT. Faktor pendukung dan penghambat upaya kepala sekolah dalam membentuk budaya sekolah yang religius di SD Muhammadiyah 03 Panjunan. Faktor pendukung seperti: tenaga pendidik, peserta didik, sarana dan prasarana, kerja sama masyarakat SD muhammadiyah 03 Panjunan, dan Pengurus Pimpinan Ranting Muhammadiyah sedangkan faktor penghambatnya seperti: mushola kurang luas, kurang disiplin dan kurangnya perhatian dari orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSuraji, H. ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah dan Budaya yang Religius di Sekolah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.33 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:57
Last Modified: 18 Jan 2024 07:57
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6749

Actions (login required)

View Item View Item