Penerapan metode diskusi dalam pembelajaran Mata Kuliah Manajemen Pendidikan (Studi kasus di Prodi PAI Jurusan Tarbiyah STAIN Pekalongan Tahun akademik 2014/2015)

ANDRIYANTI, MEI (2015) Penerapan metode diskusi dalam pembelajaran Mata Kuliah Manajemen Pendidikan (Studi kasus di Prodi PAI Jurusan Tarbiyah STAIN Pekalongan Tahun akademik 2014/2015). Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021110384 MEI ANDRIYANTI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (10MB)
[img] Text
2021110384 MEI ANDRIYANTI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Andriyanti, Mei. 2015. Penerapan Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Manajemen Pendidikan (Studi Kasus Di Prodi Pai Jurusan Tarbiyah STAIN Pekalongan)"Tahun Akademik 2014/2015. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi PAI Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbing I: Dr. H. Muhlisin, M. Ag. Pembimbing II: Hj. Chusna Maulida, M. Pd.I. Kata Kunci : Metode Pembelajaran dan Mata Kuliah Manajemen Pendidikan. Metode adalah suatu cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal, untuk mencapai tujuan dari pendidikan yaitu meningkatkan kwalitas pendidikan. Sedangkan STAIN Pekalongan merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mempelajari mata kuliah Manajemen Pendidikan. Dalam proses pembelajaran mempelajari mata kuliah Manajemen tidak selalu sesuai harapan. Ada beberapa kendala yang harus dihadapi seperti: kurang variasi penggunaan metode, sehingga kegiatan belajar membosankan; selain itu kurang Pengawasan dosen sehingga minat belajar mahasiswa kurang dan diskusi didominasi pada mahasiswa yang aktif saja pemahaman materi yang kurang dan nilai yang diperoleh kurang memuaskan Karena persoalan tersebut, penulis tertarik untuk mengangkat skripsi dengan judul: Penerapan Metode Diskusi dalam Pembelajaran Mata Kuliah Manajemen Pendidikan(Studi Kasus di Prodi P Al Jurusan Tarbiyah STAIN Pekalongan)"Tahun Akademik 2014/2015, dengan rumusan masalah: 1 ).Bagaimana Penerapan metode diskusi pembelajaran dalam mata kuliah manajemen pendidikan (MP) di Prodi PAI Jurusan Tarbiyah STAIN Pekalongan? adapun kegunaan penelitian ini dapat memberikan informasi terkait Metode Pembelajaran dalam Mata Kuliah Manajemen Pendidikan (MP) yang ada di STAIN Pekalongan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif, karena data yang dihasilkan berupa data deskriptif. Adapun sumber datanya diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekuncler. Jenis penelitiannya yaitu penelitian penelitian lapangan (field research).Penelitian yang menggunakan data kualitatif, yakni penelitian yang diajukan atau tulisan-tulisan yang diperoleh dari pengamatan langsung atau observasi, wawancara juga dokumen yang terkait. Hasilpeneli tianmenunjukkanbahwa aplikasi metode pembelajarandalam Mata Kuliah Manajemen Pendidikan (MP) di STAIN Pekalongan, belum tepat. Karena dengan metode yang diterampkan belum dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa. Bahkan pada saat diskusi masih banyak mahasiswa yang kurang memperhatikan dan lebih didominasi oleh mashasiswa yang aktif saja. Sehingga materi yang diperoleh kurang dan nilai akhirnya masih banyak yang belum mendapat nilai sempurna.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorH. Muhlisin, H. MuhlisinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran dan Mata Kuliah Manajemen Pendidikan.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:57
Last Modified: 18 Jan 2024 07:57
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6751

Actions (login required)

View Item View Item