Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah TAMARA (Studi Kasus Di KJKS Mitra Sejahtera Subah Batang)

Kurniasih, Anisa Ayu (2017) Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah TAMARA (Studi Kasus Di KJKS Mitra Sejahtera Subah Batang). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
2012114136 ANISA AYU KURNIASIH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (11MB)
[img] Text
2012114136 ANISA AYU KURNIASIH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (22MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Banyaknya jumlah koperasi yang ada, tentu akan menimbulkan persaingan yang ketat di berbagai bidang terutama bidang pelayanan. Pelayanan merupakan perilaku perusahaan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen demi tercapainya kepuasan pada konsumen itu sendiri. Bagi sebuah lembaga keuangan, kepuasan nasabah sangat penting untuk meningkatkan besar nasabah. Dalam lembaga keuangan kualitas pelayanan berkaitan erat dengan kepuasan nasabah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di KJKS Mitra Sejahtera Subah Batang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di KJKS Mitra Sejahtera Subah Batang. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian menggunakan penelitian survey. Metode pengumpulan data adalah metode kuesioner. Penelitian ini dilakukan di KJKS Mitra Sejahtera dengan pengambilan sampel berjumlah 50 orang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi linear berganda dengan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastistas. Hasil penelitian berdasarkan hasil analisis uji determinasi diperoleh koefisien determinasi sebesar 0,163. Hal ini berarti bahwa 16,3% kepuasan nasabah dipengaruhi oleh kualitas pelayanan yaitu variabel tangible, empathy, reliable, responsivess, assurance dan sisanya 83,7% dipengaruhi oleh variabel lain. Sedangkan dengan uji regresi linear berganda memperoleh hasil persamaan Y23,3140,238X1+0,334X20,292X3+0,493X40,502X, + e. Hasil penelitian dengan ujit memperoleh variabel tangible (X1), empathy (X2), dan responsivess (X3) tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dan variabel reliability (X4) dan assurance (X5) berpengaruh terhadap kepuasan nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAji, GunawanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: kualitas layanan, kepuasan nasabah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:28
Last Modified: 17 Jan 2024 07:28
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6754

Actions (login required)

View Item View Item