Strategi kepemimpinan kepala Madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di MTsS Hidayatul Athfal Banyurip Kota Pekalongan

Sholikhati, Elly (2016) Strategi kepemimpinan kepala Madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di MTsS Hidayatul Athfal Banyurip Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021112097 ELLY SHOLIKHATI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (22MB)
[img] Text
2021112097 ELLY SHOLIKHATI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (12MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kepala sekolah adalah seorang pendidik yang diberi tugas untuk memimpin sekolah. Ia adalah orang yang paling bertanggung jawab terhadap terselenggaranya pendidikan berkualitas di sekolah yang dipimpinnya. Ia juga adalah motor penggerek utama bergeraknya semua kegiatan di sekolah. Melalui kemampuan konseptual yang dimilikinya, ia mengembangkan sekolah. Melalui kemampuan sosial, ia menggerakkan, mengayomi, dan memberi rasa nyaman pada orang-orang di bawah kepemimpinannya dan orang-orang di luar sekolah yang berkepentingan. Melalui kemampuan teknis, ia mendiskusikan cara melakukan pekerjaan dengan para bawahannya. Dari latar belakang di atas penulis membuat rumusan masalah yaitu bagaimana gaya kepemimpinan kepala madrasah. Bagaimana kedisiplinan guru. Bagaimana starategi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala madrasah, untuk mengetahui kedisiplinan guru, dan untuk mengetahui strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru. Sedangkan kegunaan dari penelitian ini adalah sebagai masukan bagi kepala madrasah dan guru agar lebih memperhatikan tugasnya masing-masing. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MTsS Hidayatul Athfal Banyurip Kota Pekalongan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer (kepala madrasah dan guru) dan sumber data sekunder (dokumen-dokumen lain yang relevan tentang kepemimpinan kepala madrasah dan kedisiplinan guru). Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan didapatkan hasil bahwa (1) gaya kepemimpinan kepala madrasah MTsS Hidayatul Athfal Banyurip Kota Pekalongan merupakan kepemimpinan demokratis karena mendahulukan musyawarah mufakat dan menerima pendapat dari guru. (2) kedisiplinan guru MTsS Hidayatul Athfal Banyurip Kota Pekalongan sudah baik bisa dibuktikan dengan guru sudah mematuhi peraturan. (3) strategi kepemimpinan yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru MTsS Hidayatul Athfal Banyurip Kota Pekalongan antara lain: menerapkan sistem jam o'clok, memberikan pembinaan kepada guru sesuai dengan bidangnya masing-masing, menerapkan sanksi bagi guru yang tidak disiplin.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTa'rifin, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Kedisiplinan Guru
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:20
Last Modified: 18 Jan 2024 03:20
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6762

Actions (login required)

View Item View Item