Perilaku Bisnis Online Shop Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Non Reguler Angkatan 2011 Iain Pekalongan)

IMSA FAQIHUDDIN, M. ZAID (2018) Perilaku Bisnis Online Shop Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Non Reguler Angkatan 2011 Iain Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

[img] Text
2013311028 M. ZAID IMSA FAQIHDDIN BAB I, V, LAMP_1.PDF

Download (5MB)
[img] Text
2013311028 M. ZAID IMSA FAQIHDDIN BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Skripsi ini membahas tentang etika bisnis Islam mahasiswa FEBI Prodi Ekonomi Syariah IAIN Pekalongan. Kajiannya di latar belakangi dengan semakin berkembangnya teknologi dan internet juga berdampak pada bertumbuhnya bisnis- bisnis yang berbasis online shop, hal itu pula yang membuat mahasiswa Prodi Ekonomi syariah non reguler angkatan 2011 juga ikut terjun dan mencoba mendapatkan pengahsilan tambahan dari online shop. Bagaimana perilaku etika bisnis islam mereka dalam terjun ke bisnis online tersebut. Karena pada kelas nonreguler sendiri mayoritas mahasiswanya sudah bekerja. Tujuan dar penelitian ini adalah untuk mengetahui etika bisnis mahasiswa Prodi Ekonomi Islam dalam berbisnis. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data primer dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Non-Reguler angkatan 2011 IAIN Pekalongan yang memiliki bisnis online shop, konsumen dan pihak Jurusan Ekonomi Islam. sementara data sekunder diperoleh dari arsip dokumen pihak Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Pekalongan. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah metode deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa etika bisnis yang dilakukan oleh mahasiswa Prodi Ekonomi Islam angkatan 2011 pada umumnya telah sesuai dengan etika bisnis yang diajarkan dalam Islam yang meliputi seimbang dalam menetapkan harga, menyempurnakan takaran, berkomunikasi dengan ramah, memiliki visi misi yang tidak bertentangan dengan syariat Islam, tidak melupakan ibadah, bekerja keras serta produk yang dijual tidak termasuk produk yang dilarang dalam Islam. Namun, sebagian masih ada yang tidak sesuai dengan etika bisnis Islam yaitu tidak jujur terhadap asal usul produk, tidak menepati janji, tidak ramah kepada konsumen yang tidak jadi membeli dan belum melakukan pencatatan keuangan (akuntabilitas).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAsytuti, RindaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: online shop, mahasiswa jurusan ekonomi syariah, etika bisnis islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 18 Jan 2024 09:29
Last Modified: 18 Jan 2024 09:29
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6788

Actions (login required)

View Item View Item