Analisis Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas Syariah Pada Bank Syariah Mandiri (Bsm) Cabang Pekalongan

Billadina, Mulky (2018) Analisis Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas Syariah Pada Bank Syariah Mandiri (Bsm) Cabang Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2013113236 MULKY BILLADINA BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (9MB)
[img] Text
2013113236 MULKY BILLADINA BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Billadina, Mulky. 2018. Analisis Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas Syariah Pada Bank Syariah Mandiri (Bsm) Cabang Pekalongan. Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Dosen Pembimbing Dr. Zawawi, M. A. Produk Gadai emas menjadi salah satu alternatif pendanaan yang sangat efektif untuk memperoleh dana pinjaman. Salah satu Bank Syariah yang menawarkan produk gadai emas adalah Bank Syariah Mandiri (BSM) yang telah diluncurkan sejak tahun 2009. Namun, selama empat tahun terakhir BSM Cabang Pekalongan justru menunjukkan bahwa jumlah nasabah gadai emas tidak mengalami kenaikan yang signifikan. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi jumlah nasabah adalah strategi pemasaran yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran Produk Gadai Emas Syariah pada Bank Syariah Mandiri Cabang Pekalongan Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan pada produk gadai emas syariah di Bank Syariah Mandiri diantaranya product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), people (orang/SDM), Physical Evidence (bukti fisik) dan process (proses). Dari ketujuh strategi pemasaran tersebut, terdapat tiga elemen yang sangat mempengaruhi minat nasabah untuk memilih produk gadai emas di BSM. Elemen tersebut yaitu price (harga), promotion (promosi), people (orang/SDM). Media promosi yang mampu menyampaikan infonnasi ke masyarakat, biaya yang murah, serta pelayanan yang baik dari staf gadai membuat nasabah merasa puas dengan produk gadai emas di Bank Syariah Mandiri Cabang Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZawawi, ZawawiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Gadai Syariah (rahn), Pembiayaan Gadai Emas Syariah.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 20 Jan 2024 04:28
Last Modified: 20 Jan 2024 04:28
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6808

Actions (login required)

View Item View Item