Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-Lkpd) Berbasis Flipbook Di Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas X SMA Islam Pekalongan

Hotimah, Husnul (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-Lkpd) Berbasis Flipbook Di Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas X SMA Islam Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2620097_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2620097_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Di era sekarang ini, dunia pendidikan terutama dalam proses pembelajaran mengalami perubahan yang sangat pesat. Perubahan tersebut memunculkan masalah dalam Pendidikan salah satunya di SMA Islam Pekalongan yaitu kurangnya kemampuan numerasi siswa dikarenakan kurang berfariasinya media pembeljaran dan cenderung monoton pada pembelajaran matematika. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaiman prosedur pengembangan lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) berbasis flipbook di kurikulum merdeka untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas X SMA islam pekalongan, bagaimana kevalidan, kepraktisan lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) berbasis flipbook di kurikulum merdeka untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas X SMA islam pekalongan, dan keefektifan lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) berbasis flipbook di kurikulum merdeka untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas X SMA islam pekalongan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and development (R&D) dan model pengembangan yang diterapkan adalah ADDIE (Analysis, design, development, implementation, evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kevalidan produk, analisis kepraktisan produk dan analisis keefektifan produk. Hasil produk Hasil produk pengembangan lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) berbasis flipbook adalah berdasarkan hasil validasi oleh ahli media dan materi bahwa kevalidan E-LKPD berbasi flipbook memperoleh skor skor 69 atau 81,176% dengan kategori “sangat valid” oleh ahli media dan memperoleh skor 104 atau 83,2% dengan kategori “sangat valid” oleh ahli materi. Kemudian kepraktisan berdasarkan aspek teori memperoleh skor 69 atau 81,176% dengan kategori A “sangat praktis” oleh ahli media dan memperoleh skor 104 atau 83,2% dengan kategori A “sangat praktis” oleh ahli materi. Dan kepraktisan berdasarkan aspek praktis memperoleh skor rata-rata 83,18 atau 83,18% dengan kategori “sangat praktis” oleh siswa. uji Normalitas gain atau N-Gain diperoleh skor 0,5655 atau 0,6 kategori “sedang”. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) berbasis flipbook terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan numerasi siwa kelas X SMA Islam Pekalongan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNovianti, DirastiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, flipbook, kemampuan numerasi
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 26 Jan 2024 08:38
Last Modified: 20 Feb 2024 07:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6825

Actions (login required)

View Item View Item