Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tarekat Naqsyabandiyah

Suparudin, Suparudin (2016) Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tarekat Naqsyabandiyah. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021112157 SUPARUDIN BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (26MB)
[img] Text
2021112157 SUPARUDIN BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (9MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Di Indonesia tarekat Naqsyabandiyah merupakan tarekat terbesar dalam jumlah pengikut dan lebih tersebar luas dibandingkan tarekat lain. Walaupun tarekat Naqsyabandiyah merupakan tarekat besar yang luas penyebarannya, namun tidak semua masyarakat Indonesia mengenal dan memahami tarekat ini, bahkan ada sebagian orang atau kelompok yang mengatakan bahwa ajaran tarekat ini adalah suatu amalan bid'ah dan mengandung kesyirikan. Pemahaman akan ajaran tarekat sangatlah diperlukan supaya kita tidak mudah terjerumus dengan pendapat yang mengatakan bahwa tarekat adalah suatu amalan bid'ah dan kesyirikan. Lebih dari itu, tarekat dibutuhkan untuk mengatasi krisis spiritual masyarakat sekarang; karena dengan adanya globalisasi dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat, persaingan kehidupan akan semakin ketat, sehingga manusia akan menghalalkan segala cara supaya tujuan hidup duniawinya. Adapun rumusan masalah pada skripsi ini yaitu: Bagaimana ajaran-ajaran yang terdapat dalam tarekat Naqsyabandiyah? Dan Bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam tarekat Naqsyabandiyah?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ajaran-ajaran yang terdapat dalam tarekat Naqsyabandiyah serta untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam tarekat Naqsyabandiyah. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara membaca, memahami dan menelaah sumber data. Untuk teknik analisis data yang digunakan adalah content analisis dan metode induktif. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa sebagai suatu mazhab dalam tasawuf, tarekat Naqsyabandiyah memiliki ajaran-ajaran yang diyakini kebenarannya, terutama dalam hal-hal kesufian. Ajaran-ajaran yang diajarkan oleh tarekat Naqsyabandiyah pada hakekatnya didasarkan pada al-Qur'an dan al-Hadits, dan perkataan para ulama 'Arifin dari kalangan ahli sufi. Adapun nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam tarekat Naqsyabandiyah mencakup: Pendidikan akidah: setiap muslim wajib berma'rifat kepada Allah dengan semua sifat-sifat-Nya dan selalu menyibukkan dirinya dengan berzikir kemudian ditumbuhkan dalam diri secara aktif. Pendidikan syari' ah: mengamalkan ibadah dengan sungguh-sungguh dengan melakukan sunnah-sunnah Nabi, tidak berlebihan dalam hal mubah, menjauhi kemakruhan, menjauhi semua larangan Allah dan menjalankan perintah-perintah-Nya, Pendidikan akhlak: membersihkan jiwa dari sifat-sifat dan akhlak yang keji, kemudian menghiasinya dengan akhlak yang terpuji dan sifat-sifat yang diridai Allah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKholis, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai, Pendidikan Islam, Tarekat Naqsyabandiyah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:42
Last Modified: 22 Jan 2024 04:42
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6829

Actions (login required)

View Item View Item